Penilaian Kinerja SBY Dianggap Tak Adil


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:21:55 WIB

BOGOR, HALUAN — Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), membuka kegiatan penataran bagi 280 kader Demokrat di Bogor, Jawa Barat, Senin (28/3). Sejumlah capaian yang dilakukan Kabinet Indonesia Bersatu, menjadi materi yang disampaikan Presiden RI ke-6 itu.

Dalam paparan tersebut, SBY me­nyam­paikan sejumlah hal yang harus dilakukan para menteri untuk mewujudkan visi misi serta janji kampanyenya saat Pilpres 2004. Ia mengatakan bahwa hal yang ia lakukan saat itu hanyalah untuk menutupi kekurangan dan melanjutkan hal yang telah dicapai pada pemerintahan sebelumnya, yakni era Me­gawati Soekarnoputri, Abdurrahman Wahid, dan Habibie.

Adapun yang menjadi fokus kebijakannya saat itu adalah cara untuk mewujudkan Indonesia yang lebih aman dan damai, dengan sistem hukum yang lebih adil, pemerintahan yang demokratis, serta kehi­dupan yang sejahtera.

“Saya ajak, hei para menteri, bagaimana kita mengelola harapan yang tinggi itu, padahal pemerintah ada batasnya. Sambil mengelola harapan itu, lima tahun ke depan, banyak sekali tantangan. Belum lagi gangguan politik. Namun, saya katakan, insya Allah kita bisa lakukan,” ucap SBY.

Sosok keenam dalam jajaran presiden RI itu lantas memutar video dokumentasi ca­pai­an kinerja pemerintahannya selama se­pu­luh tahun. Video tersebut, diakui SBY, per­nah diputar di hadapan semua kadernya di Par­­tai Demokrat (PD) menjelang Pe­milu 2014.

“Film ini kami tayangkan dengan tujuan rakyat Indonesia ingat bahwa pemerintahan yang didukung penuh oleh PD telah mela­kukan banyak hal. Barangkali belum semua hal, tetapi many things,” kata dia.

SBY mengaku heran, hingga kini masih banyak pihak yang mempertanyakan kinerja dirinya bersama KIB jilid I dan II. Ia pun beranggapan bahwa penilaian seperti itu sangat tidak adil.

­“Mungkin pemerintahan yang saya pim­pin ada yang belum oke, ada juga yang sudah oke. Ada yang sudah tercapai dan belum tercapai. Too much kalau dibilang tidak berbuat apa-apa atau gagal total,” ujar dia. (h/kmp)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]