IKK45 Jadi Contoh Organisasi Rantau Batipuh di Jabodetabek


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:25:55 WIB

BOGOR, HALUAN — Or­ga­nisasi rantau  Ikatan Keluarga Kubu 45 (IKK 45) di Jakarta dan sekitarnya, terbilang sukses me­ngayomi anggota dibandingkan organisasi perantau asal  Batipuh, Tanahdatar.

Keberadaan IKK45, salah satu organisasi  yang telah me­miliki koperasi simpan pinjam yang dihimpun sejalan dengan agenda arisan rutin dari rumah ke rumah anggota sebulan sekali.

Membangun organisasi di negeri orang, IKK45 tidak me­nge­depankan acara seremonial sekadar halal bi halal setiap tahun, yang setelah itu tak ada lagi kegiatan. Minggu (27/3), anggota IKK45 berbondong-bondong datang untuk menghadiri arisan bersama perantau IK3S (Ikatan Ke­luarga Kubu Karambia Seki­tarnya) di rumah Dasrizal, pe­ran­tau dari Pincuran Baliak Kubu Karambia, di Bogor Jawa Barat. Sebelum bertolak ke Kota Salak itu, Ketua IKK45, Yusrizal Pakih, perantau dari Ladanglaweh yang tinggal di Kerawang, me­ngum­pulkan anggotanya dulu di Ca­wang, agar anggota yang tidak me­miliki kendaraan bisa me­num­pangi anggota yang membawa mobil.

Penasehat  IK3S, Yusrilman dalam sambutannya me­nyam­paikan, ia salut dengan pe­nge­lolaan organisasi IKK45. Setiap arisan umumnya anggota datang berkumpul bersama. Tak hanya yang muda dengan berbagai latar belakang ekonomi, tetapi juga yang tua juga ikut bersama. IKK45 lebih mengayomi ang­gota. Koperasi ini juga memiliki koperasi dengan modal yang sudah meningkat.

“Kami ingin belajar kepada IKK45 mengenai Tata kelola organisasi yang baik ini “ ujar Yusrilman.

Penasihat IK3S, Yoesoef me­minta Pemda Tanahdatar ber­sama pemerintahan Kecamatan Batipuh untuk bertanya juga kepada perantau, sebab tak se­mua perantau berhasil dalam usahanya. Pemerintah kerap hanya datang menghadiri acara halal bi halal.

“Sekali-sekali, tanyalah pe­rantau, apa kendala yang mereka hadapi. Jangan hanya minta agar membangun kampung saja. Tak semua perantau yang berhasil, tapi banyak juga yang menghadapi kesulitan dalam berusaha di negeri orang,” kata pensiunan Departemen Pen­didikan Nasional itu.

Sementara itu, tokoh ma­syarakat Batipuh, HN Dt Si­ma­rajo, mengapresiasi kebersamaan perantau IKK45 dan IK3S yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Agenda ini berguna untuk men­jalin kebersamaan dengan motto “saciok bak ayam, sadancing bak basi,  Kok buruak bahambauan elok bahimbaun”.

Apalagi IKK45 sudah eksis membantu ekonomi anggota me­lalui koperasi. “Dengan ada­nya jaminan ko­mu­nikasi ini di­harapkan agar semua perantau ibarat pepatah kalurah samo me­nurun, ka­bukik samo mandaki,” ujarnya. (h/one)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]