Meski SHU 2015 Turun

KUD Lubuk Karya Tetap Koperasi Panutan


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:26:25 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN  —  Koperasi Unit Desa (KUD) Lubuk Karya sudah menjadi panutan koperasi di Dharmasraya, karena koperasi tersebut memiliki prestasi tingkat nasional, dan KUD tersebut juga melakukan rapat anggota tahunan (RAT) sebagai keputusan tertinggi rutin setiap tahunnya, meski untuk tahun ini Sisa Hasil Usaha (SHU) menurun.

“Saya mengapresiasi KUD Lubuk Karya karena me­miliki banyak prestasi nasional dan rutin me­lak­sanakan RAT,” ucap Camat Koto Besar, Abdi Amri, dalam RAT yang digelar di Halaman Kantor KUD, Ra­bu (23/3). RAT tersebut juga di hadiri oleh Walinagari Koto Tinggi Andesta, Mus­pika, Kacapem Bank Nagari Sungai Rumbai, Padli, serta Badan Pengawas KUD dan anggota KUD.

Abdi Amri mengatakan, dari tujuh koperasi di ke­camatan itu, KUD Lubuk Karya perlu diberikan apre­siasi yang tinggi karena KUD Lubuk Karya selalu memberikan contoh yang baik kepada koperasi lain.

Oleh karena itu, ka­ta­nya, wajar jika berbagai prestasi ditorehkan oleh KUD Lubuk Karya, mulai dari tingkat provinsi sampai tingkat na­sional, karena manajeman pengurus sangat terbuka, bahkan pengurus KUD meminta kepada ang­gotanya agara dalam RAT mengkritik pengurus agar jalannya KUD lebih baik ke depannya.

“Penghurus minta di­kritik. Itu hal yang luar biasa,” kata camat teladan tahun 2015 itu.

Dalam RAT yang tidak dihadiri oleh Dinas Ko­perindag tersebut, Abdi Amri, mengajak seluruh ele­men masyarakat, khu­susnya Nagari Koto Tinggi, untuk selalu memberikan yang terbaik untuk KUD Lubuk karya dan menjaga KUD Lubuk Karya dengan baik, karena dengan adanya KUD tersebut, ekonomi masyarakat Koto Tinggi akan lebih baik.

Ketua KUD Lubuk Ka­rya, Jhon Nasri didampingi Sekretarisnya Titik Arbaini mengakui, untuk RAT ta­hun buku 2015 ini, SHU KUD Lubuk Karya me­nu­run sebesar 30 persen, na­mun hal itu terjadi akibat harga TBS turun dan tingkat produksi juga menurun. Akibatnya, hutang anggota terhadap perbankan dan pemasok pupuk ditutup oleh KUD dan menjadi biaya.

Dengan demikian, kata Jhon Nasri, nama baik KUD terhadap pihak mitra tetap baik meski SHU turun akibat pembiayaan hutan kepada mitra KUD sebesar Rp296 juta. Apabila tahun ini harga TBS naik yang diiringi de­ngan tingkat produksi yang naik pula, SHU akan naik dra­s­tis karena anggota ko­perasi membayar hutangnya yang sudah ditanggulangi oleh KUD kepada mitra KUD.

Ketua KUD Lubuk Ka­rya yang juga Ketua Dewan Ko­perasi dan Ketua Ap­kasindo Dharmasraya ini, terus mengajak anggota KUD agar lebih awas dalam me­laksanakan RAT agar KUD berjalan dengan baik dan maju, karena tanpa ada kri­tikan dari anggota, pengurus tidak dapat mengintrospeksi diri. (h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 27 November 2018 - 11:43:34 WIB

    KUD Mina Sinar Laut, Raup Omset Ratusan Juta dari Es Batu

    KUD Mina Sinar Laut,  Raup Omset Ratusan Juta dari Es Batu PADANG, PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Sinar Laut yang bergerak di bidang pabrik es batu di Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman setiap bulannya mampu meraup omset Rp150 Juta sampai Rp2.
  • Senin, 30 Mei 2016 - 05:59:27 WIB

    KUD Koto Salak, Koperasi Berprestasi dari Dharmasraya

    DHARMASRAYA, HALUAN — Berkat perjuangan dan kegigihan anggota dan pengurus dalam bekerja, Koperasi Unit Desa (KUD) Koto Salak, Dharmasraya, mendapatkan banyak prestasi..
  • Kamis, 21 April 2016 - 02:24:33 WIB

    KUD Mina Padang Kelola Bisnis Wisata Bahari

    PADANG, HALUAN — Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Padang yang berkantor di Kompleks Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, Padang, sempat jaya pada 1990-an. Waktu itu, usaha primadona KUD ini adalah menyelenggarakan pelelangan i.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]