Pemuda Agam Dambakan Lapangan Olahraga Layak Pakai


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:29:47 WIB

AGAM, HALUAN — Pemuda Maninjau Kabupaten Agam mengeluh karena hingga kini masih belum punya lapangan olahraga yang layak digunakan, padahal untuk lokasi lapangan sudah tersedia oleh warga. Untuk itu masyarakat  meminta Pemkab Agam agar bisa membantu.

Salah satunya yang disampaikan oleh mahasiswa FIK UNP Rudi (22 tahun), ia salah satu pengemar olahraga dan bertekad akan memajukan dunia olahraga di Sumbar khususnya di Kabupaten Agam. Namun higga kini, lapangan olahraga yang layak belum juga tersedia.

“Sejak saya tahu, di kampung saya ini belum ada lapangan olahraga yang bisa digunakan oleh para pemuda dan pemudi untuk mengembagkan potensinya. Kami berharap ada perhatian dari pemerintah untuk membantu merealisasikan keinginan para pemuda ini,” ujarnya, Senin (28/3).

Sementara itu, Pimpinan  Badan Musya­warah (Bamus)  yang juga pengurus orga­nisasi pemuda Maninjau Kabupaten Agam Armen mengatakan, dahulu Maninjau memiliki dua lapangan olahraga. Namun, pemerintah membutuhkan tanah untuk membangun fasilitas umum makanya masyarakat menyerahkan lapangan tersebut untuk dibangun Rumah Sakit (yang seka­rang jadi puskesmas di kawasan Kubu Baru Maninjau).

“Sedangkan lapangan yang satunya lagi juga disumbangkan untuk membangun kantor camat, dan para niniak mamak berjanji akan mencarikan tanah gantinya,” ujarnya.

Dikatakan juga, janji tersebut sudah dipenuhi dengan hasil sumbangan beberapa pihak diantaranya, ada hibah tanah dari beberapa keluarga senilai 40 juta, dan diperluas dengan membeli tanah dari dana yang disumbangkan oleh niniak mamak 50 juta, 20 juta dari kas kantor walinagari, 30 juta dari perantau Jakarta, dan 10 juta dari perantau di Padang.

“Jadi, total harga tanahnya 150 juta, dan al­hamdulillah semua dana sudah terkum­pul. Namun kami ingin meminta bantuan pa­da pemerintah, atau Dispora untuk mem­bantu biaya upah pembuatan lapangan olah­raga ini karena dana kami tidak cukup untuk mem­bayar upahnya,” jelas­nya.

Ia juga mengatakan, akan menyurati dan meng­ko­mu­nikasikan hal tersebut pada Dispora Kabupaten Agam untuk meminta ban­tuan atau suport untuk me­majukan dunia olahraga Sumbar khu­susnya Kabu­paten Agam. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]