Pencurian TBS Meningkat di Nagari Koto Tinggi


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:34:47 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Tingkat pencurian tandan buah segar (TBS) di Nagari Koto Tinggi sangat tinggi, akibatnya petani kelapa sawit mengeluhkan turunnya tingkat produksi. Hal itu diungkapkan Walinagari Ko­to Tinggi, Andesta,S.Pt, dalam acara RAT KUD Lubuk Karya, Rabu (23/3), di halaman KUD setempat. Namun Walinagari Koto Tinggi mengajak masya­rakat untuk mengurangi dua hal yaitu niat dan mengurangi kesem­patan orang untuk mencuri.

Dijelaskannya, terjadi kejaha­tan karena ada dua hal yaitu niat dan kesempatan, oleh sebab itu bagaimana cara masyarakat ope­ta­ni untuk dapat mengurangi dua hal tersebut, untuk mengurangi dua hal tersebut ditas diminta agar pengurus KUD memikir­kannya, salah satunya bagaimana koordinasi dengan pihak Kepoli­sian lebih ditingkatkan.

Menurutnya, ada beberapa pe­luang hilangnya TBS, mulai dari penumpukan di TPH, sam­pai di sortiran pabrik, jadi bagai­ma­na hal hal ini dikurangi dan dibicarakan dalam RAT ini.

Begitu pula kepada masya­ra­kat ia berharap gara dapat mem­be­dakan yang mana pen­curian un­tuk mencari kekayaan dan ma­na pencurian yang ahnay untuk melepas dahaga, misalnya men­cu­ri buah buahan untuk dima­kan, tetapi kalau sudah mencuri TBS dengan meng­gunakan mo­bil, hal itu tidak ada lagi kata ma­af.

Hal ini perlu ditegaskannya ka­rena sudah ada kejadian yang mana hilang seepeda motor war­ga dan pencurinya sudah di temukan, tetapi warga yang ber­sang­kutan tidak mau membuat laporan polisi, akhirnya Polisi tidak adapat memproses karena tidak ada yang merasa di rugikan atas kejadian tersebut.

Hal hal seperti ini kata wali­na­gari adalah salah satu faktor un­tuk mengurangi terjadi keja­ha­tan, karena kejahatan kalau terus di maafkan, maka tingkat krimi­nal akan terus meningkat akibat tidak ada memberikan efek jera. (h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 13:54:39 WIB

    Polisi Ungkap Peran Masing-masing Tiga Pelaku Pencurian Spesialis Elektronik

    Polisi Ungkap Peran Masing-masing Tiga Pelaku Pencurian Spesialis Elektronik HARIANHALUAN.COM - Unit Opsnal Polsek Pauh, Kecamatan Pauh, Kota Padang beberkan peran masing-masing tiga pelaku yakni Roma Rio (20), Nofrizo (33) dan Yudi Anggere (25) yang ditangkap pada lokasi yang berbeda..
  • Senin, 15 Mei 2017 - 02:21:15 WIB

    Aksi Pencurian Mulai Marak di Pasaman

    PASAMAN, HALUAN - Warga Padanggelugur, Kabupaten Pasaman kini dibuat resah. Itu menyusul maraknya aksi pencurian yang menyasar sejumlah rumah warga Muarabangun, Jorong Selamat Utara, Nagari Sitombol akhir-akhir ini. .
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:48:47 WIB
    SEKANDANG SAPI LENYAP

    Pencurian Ternak Marak di Solsel

    Pencurian Ternak Marak di Solsel SOLSEL, HALUAN — Pencurian ternak ma­rak terjadi di Solsel. Bahkan, pembakaran satu unit mobil colt diesel oleh warga pada Ma­ret lalu di Kecamatan Pauh Duo yang di­duga melakukan pencurian ternak tidak mem­buat jera. M.
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 16:20:51 WIB

    Terkait Pencurian Uang Nasabah, BRI Cabang Lubuk Sikaping Lakukan Koordinasi dengan Penyidik

    Terkait Pencurian Uang Nasabah, BRI Cabang Lubuk Sikaping Lakukan Koordinasi dengan Penyidik PASAMAN, HALUAN-- Terkait hilangnya uang milik salah seorang nasabah BRI Cabang Lubuk Sikaping yang disimpan di dalam jok sepeda motor dan terparkir di halaman kantor BRI, pimpinan BRI Lubuksikaping, Akhmad Aldi angkat bicara.
  • Senin, 13 Juni 2016 - 18:21:34 WIB

    Pelaku Pencurian di Sijunjung Babak Belur Dihajar Massa

    Pelaku Pencurian di Sijunjung Babak Belur Dihajar Massa SIJUNJUNG,HALUAN—Seorang ibu rumah tangga, Nurbiah (60) warga Jorong koto Tangah Nagari Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung terpaksa melakukan perlawanan terhadap pelaku penjambretan yang akan mencuri paksa kalung emas y.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]