RPJMD Agam Berbasis Ekonomi Kreatif


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:37:21 WIB

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam akan terus konsisten dalam mendorong pengembangan ekonomi kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat sebagai program unggulan RPJMD Pemerintah Kabupaten Agam dilima tahun ke depan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Agam, Indra Catri saat rapat persiapan pencanangan Gerakan Pendidikan Pem­berdayaan Perempuan Mar­jinal (GP3M) tahun 2016, di rumah Dinas Bupati setem­pat, Senin (28/3).

Dikatakannya, sebuah da­e­rah dapat melakukan bran­ding dengan menjual keung­gulan dan keistimewaannya menjadi sebuah daya tarik atau brand image. Menu­rutnya, dalam Memenangkan sebuah kompetisi dalam kon­sep city branding, sebuah daerah harus memiliki ciri khas dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya.

Keunggulan tersebutlah yang kan terus digali. Con­tohnya, Kecamatan Ampek Angkek, membranding pro­duk unggulannya,dengan mem­promosikan produk sula­man tangan sebagai salah satu produk kebanggaan Ampek Angkek.

Kekayaan tersebut nan­tinya jika dikembangan secara konsisten akan meng­angkat citra sehingga menda­patkan brand positioning.

Kemudian masyarakat Am­­pek Koto yang dikenal dengan kerajinan perak dan kuliner gulai itiak lado hijau, begitu juga dengan wilayah lain. “ Kita menginginkan masyarakat mampu beri­no­vatif untuk melahirkan pro­duk-produk baru yang sesuai dengan selera pasar dan per­kem­bangan zaman, sehingga produk-produk yang dijual selalu laku dan diterima oleh selera pasar,” jelasnya.

Menurutnya, dibutuhkan kejelian dalam membaca ke­butuhan konsumen serta bisa menciptakan kemasan produk yang lebih menarik dan me­miliki ke khasan dari produk unggulan tersebut sehingga bisa bersaing dengan komoditi lain. Bupati menambahkan, persaingan dalam berdagang hal biasa, namun bagaimana produk-produk bisa laku di pasaran.

“Saat ini kita memasuki masyarakat ekonomi asia atau pasar besar tentunya ini se­buah peluang sekaligus tan­tangan bagi kita agar produk-produk dalam negeri bisa bersaing dengan komodi dari luar,” jelasnya. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:15:54 WIB

    NMP Program Unggulan RPJMD

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Program Nagari Mandiri Pangan (NMP) salah satu program unggulan pada Rencana Pem­ba­ngunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lima puluh Kota tahun 2016-2021..
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 11:24:31 WIB

    DPRD Sahkan Perda RPJMD Dharmasraya

    DHARMASRAYA, HALUAN — Setelah melewati pembahasan hampir dua bulan, Ranperda RPJMD Kabupaten Dharmasraya 2016-2021, akhirnya resmi disah­kan dalam Sidang Paripurna DPRD Dharmasraya, Sabtu (13/8)..
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 16:15:21 WIB

    RPJMD Kabupaten Pasaman Barat Disahkan

    RPJMD Kabupaten Pasaman Barat Disahkan PASBAR,HALUAN--Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Priode 2016-2021 dan Tata Niaga Sawit disahkan dalam sidang paripurna terbuka DPRD Pasbar, di Kantor DPRD Pasbar .
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 06:54:20 WIB

    Dewan Dukung RPJMD Agam

    AGAM, HALUAN — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DP­RD) Kabupaten Agam men­dukung serta memberikan reko­mendasi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Agam 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah.
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 06:14:33 WIB

    Rapat Gabungan Bahas RPJMD Memanas

    SIJUNJUNG, HALUAN — Rapat gabungan Komisi dengan Pemerintah Daerah menge­nai Pembahasan Draf Rancangan RPJMD tahun 2016 – 2021, Senin (27/6) di DPRD Sijunjung dan dihadiri oleh satu orang unsur pimpinan DPRD berlangsu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]