Agam Kerjasama dengan Unand Kembangkan SPR


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:37:57 WIB
Agam Kerjasama dengan Unand Kembangkan SPR Bupati Indra Agam, Catri, tengah memperkenalkan produk unggulan masyarakat kepada Dirut Pembinaan dan Kesejahteraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Erman Syamsudin. (DAYAT)

Agam, Haluan — Pe­merintah Kabupaten Agam bekerjasama dengan Uni­versitas Andalas (Unand) Padang dalam Pengem­ba­ngan kawasan Sentral Peter­nak Rakyat (SPR) yang be­ra­da di Duo Nagari Ke­camatan Palembayan. Nan­tinya, Anggota SPR juga diberikan ilmu dalam beter­nak mulai dari memelihara hingga memasarkan ternak oleh pakar.

Kepala Dispertahornak Kabupaten Agam, Afdhal melalui Kepala Seksi (Kasi) Pembibitan Dispertahornak Kabupaten Agam, Dahlius yang juga selaku tim SPR, Senin mengatakan, dalam pengembangan kawasan sentral peternak sapi nanti bekerjasama dengan per­guruan tinggi Universitas Andalas (Unand) Padang. Kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat dimana program tersebut diharapkan bisa memiliki dampak bagi masyarakat.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaannya dana dana berasal Sekitar 60 persen berasal dari pemerintah pusat, 30 persen dari Pro­vinsi Sumbar dan 10 persen dari APBD Kabupaten Agam. Saat Disper­tahor­nak masih merancang kebu­tuhan anggaran dalam pe­ngem­bangan SPR tersebut.

“Program ini sangat tra­tegis bagi daerah. Agam merupakan pelaksanan prog­ram SPR yang pertama kali untuk Sumatera Barat. Kita harap kawasan SPR ini bisa menjadi percontohan di Indonesia dan Sumatera Barat,” katanya.

Dikatakannya, SPR ter­sebut juga mempunyai Gu­gus Perwakilan Pemilik Ter­nak (GPPT) dengan jumlah sembilan orang, dengan struktur ketua, sekretaris dan bendahara dan manejer dari perguruan tinggi. Un­tuk honor mereka diba­yarkan oleh dana pusat.

Menurutnya, ternak di SPR ini juga diasuransikan.  Pada seluruh Indonesia ha­nya sekitar 50 daerah di Indoesia yang melak­sana­kan program itu. Di Su­matera Barat hanya Kabu­paten Agam dan Kabupaten Pasaman Barat. “Se­be­lum­nya SPR ini juga telah dicanangkan oleh bupati Agam pada 9 Oktober 2015. Pencanangan ini pertama kali dilaksanakan di kabupaten Agam,” katanya

Saat ini, kawasan SPR di Kecamatan Palembayan ini telah memiliki sebanyak 1.134 ekor ternak sapi yang terdiri dari 1.034 ekor sapi betina produktif dan 100 ekor sapi jantan jenis lo­kal.”Minimal pembentukan SPR ini harus memiliki sapi betina sebanyak 1.000 ekor dan 100 pejantan,” jelasnya. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]