Menjadi Langganan Banjir

RSUD Rasidin Harapkan Perbaikan Drainase


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:51:26 WIB
RSUD Rasidin Harapkan Perbaikan Drainase

PADANG, HALUAN—Hujan sebentar saja, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ra­sidin Kota Padang sudah tergenang. Apalagi hujan berlangsung hingga berjam-jam lamanya.

Pantauan Haluan, Senin (28/3) kemarin, kondisi RS­UD sudah kembali normal, hanya sisa-sisa lumpur yang ada di sekeliling rumah sakit. Aktifitas pelayanan pun su­dah berjalan seperti biasanya.

Menurut keterangan Di­rek­tur RSUD Rasidin Herlin, banjir sempat menggenangi Bangsal Bedah. Saat itu ada tiga pasien yang sedang dira­wat. Hampir seluruh kawasan rumah sakit waktu itu te­rendam banjir.

“Kondisi Rumah Sakit Umum Daerah saat ini sudah kita bersihkan dengan ban­tuan teman-teman dari BP­BD,”jelas Herlin.

Ia menambahkan, kondisi RSUD Rasidin memang tidak terelakkan dari banjir. Untuk menangani kondisi ban­jir pihak RSUD sudah menyurati Pekerjaan Umum Kota Padang. Perbaikan sekeliling rumah sakit sudah dise­rahkan ke tangan PU Kota Padang.

“Penangannya sudah kita serahkan ke PU Padang, tanya saja lang­sung ke PU ya. Kapan perbaikan lingkungan RSUD penanganan ban­jir untuk menda­tang,” papar Herlin.

Sementara progres pembangunan RSUD Rasidin saat ini sudah berjalan 15 persen. De­ngan adanya bantuan dana PIP pem­ba­ngu­nan rumah sakit diha­rapkan bisa berjalan sesuai ren­cana dan bisa mena­ngani rumah sakit lang­ganan banjir tersebut.

“Progres pemba­ngu­nan sudah berjalan 5 persen dengan  dua ta­hun pengerjaan. Diprediksi­kan Maret 2017 tuntas,”tutur Herlin.

Banjir menggenangi bang­sal bedah,bangsal Anak dan ruang Poliklinik. Ia berharap Pemko Padang serius mena­ngani banjir di kawasan ru­mah sakit karena telah terjadi berulang-ulang. Ia meminta Pemko Padang untuk mene­lusuri penyebab banjir terse­but, karena menurutnya, ban­jir yang terjadi di sana adalah banjir kiriman.

Air deras datang dari bela­kang rumah sakit menuju tempat yang lebih rendah. Rumah sakit ini menjadi per­sing­gahan air yang melintas. Ia juga meminta Pemko Pa­dang untuk membuat drainase di sekeliling RSUD Rasidin, untuk menampung air yang datang dari arah belakang dan samping.

“Setelah saya dilantik, langsung saya ajukan surat ke PU. Sampai saat ini belum ada jawaban,”tandasnya.

Menurut Kepala Dinas PU Kota Padang Fatriarman setelah di konfirmasi ternyata surat dari RSUD Rasidin belum di bacanya.

“Alun ambo baco lai,” kata­nya menjawab Halu­an.(h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]