Upaya Mengejar Rasio Jumlah Pengusaha

HIPMI Sasar 1,6 Juta Pengusaha Muda


Selasa, 29 Maret 2016 - 04:01:35 WIB
HIPMI Sasar 1,6 Juta Pengusaha Muda PESERTA Rakorwil DPD HIPMI se-Sumatera saat jamuan makan malam, Jumat (25/3). (HALUAN KEPRI)

BATAM, HALUAN —Ketua Himpunan Pengusaha Mu­da Indonesia (HIPMI), Bah­lil Wahadalia menga­takan lembaga yang dipim­pinnya menyasar sedikitnya 1,6 juta pengusaha muda. Sebab Indonesia butuh seti­dak­nya 1,6 juta pengusaha baru untuk dapat mengge­rakkan laju pertumbuhan ekonomi.

Demikian disampaikan Bahlil dalam acara Rapat Koordinasi Wilayah (Ra­kor­wil) HIPMI se-Sumatera, Sabtu (26/3) di Hotel Novotel, Jodoh-Batam.

Pasalnya, lanjut Bahlil, rasio antara jumlah penduduk dengan jumlah pengusaha di Indonesia sangat tidak sebanding, dimana secara rata-rata jumlah pengu­saha hanya 1,4 persen dari jumlah penduduk. Hal tersebut jauh tertinggal dengan negara tetangga, seperti halnya Singapura, Ma­laysia dan Thailand.

“Singapura sudah 7 persen jumlah pengusahanya, Malaysia 5 persen, kita hanya 1,4 persen, bagaimana kita bisa bersaing secara kuantitas saja kalah jauh,” ungkapnya di hadapan para Dir­jen dari Kementerian Perdaga­ngan, Kementerian Kelautan, Wagub Kepri dan hadirin.

Dengan pertambahan 1,6 juta tersebut, lanjutnya, maka rasio pengusaha mencapai 2 persen. Sementara untuk mencapai 4 persen rasio pengusaha Indonesia butuh 6 juta pengusaha baru.

“Target kami (HIPMI) men­ciptakan banyak pengusaha mu­da. Kalau secara kuantitas sudah terpenuhi maka persaingan bisa dilakukan,” terangnya dalam Rakorwil.

Sementara itu, Wakil Guber­nur Kepri, Nurdin Basirun me­ngi­ngatkan bahwa ada tiga buda­ya penting yang harus menjadi pedoman ketika pengusaha meli­rik sektor maritim sebagaimana tema yang diusung dalam Ra­korwil ‘Peran Serta HIPMI Men­ciptakan Peluang Industri Mari­tim yang Mampu Bersaing di Pasar Global’.

“Tiga budaya terkandung di dunia maritim, yakni budaya disiplin, budaya kerja keras dan budaya berani,” ungkap Nurdin dalam sambutannya.

Budaya disiplin, lanjutnya, mengandung arti bahwa siapapun yang ingin menaklukkan laut maka ia benar-benar harus di­siplin. Sebab bergeser saja sedikit arah dari kompas, maka dipas­tikan tujuan yang diinginkan tidak tercapai, bahkan bisa celaka di perjalanan.

Masih kata mantan Bupati Karimun ini, bahwa tantangan di dunia maritim memang luar berat, namun sebanding juga dengan potensi yang begitu besar.

Kepri yang menurutnya me­miliki 96 persen laut, ia men­dukung penuh lahirnya banyak pengusaha muda di sektor mari­tim yang mampu bersaing di pasar global.

Senada disampaikan oleh Ketua DPD HIPMI Kepri, Er­win Aswito, untuk pencapaian target pengusaha muda di era kepengurusan HIPMI saat ini, ia bersama jajarannya akan mela­kukan road show di 7 kabupaten/kota di Kepri untuk mengajak pengusaha muda bergabung di HIPMI.

“Target kami di Kepri 500 pengusaha, dan sekarang ini sudah ada 200 pengusaha muda tergabung di HIPMI Kepri,” terangnya.

Dalam Rakorwil tersebut juga dirangkai sejumlah seminar yang mengambil tema tentang kemaritiman dengan meng­hadir­kan para Dirjen dari Kemen­terian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perdagangan dan juga perwakilan Bank Indonesia Kepri.

Peserta Rakorwil terdiri dari 10 utusan DPD HIPMI se-Su­matera, yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepri, kemudian Pro­vinsi Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bengkulu. Turut hadir per­waki­lan HIPMI DPD Riau, Zico Putra Basko bersama 14 pe­ngusaha lainnya.

Perwakilan DPD HIPMI Riau, Zico Putra Basko me­nyambut baik tema yang diusung di Rakorwil, karena menurutnya tema tersebut sejalan dengan program Presiden Jokowi men­jadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Sudah saatnya kita (pengu­saha muda) mengembangkan laut, sebagai upaya mendukung peme­rintah dalam memajukan dunia maritim, dan menjadikan Indo­nesia sebagai poros maritim,” ujarnya singkat. (hk/ays)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]