Polres Solok Amankan 17 Unit Mobil Curian


Selasa, 29 Maret 2016 - 04:02:58 WIB
Polres Solok Amankan 17 Unit Mobil Curian KAPOLRES Solok Arosuka AKBP Reh Ngenana Depari didampingi Kasat Reskrim AKP Budi Satria saat meminta keterangan dari para pelaku pencurian yang damankan di Mapolres Arosuka, Senin (28/3). (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN — Jajaran Polres Arosuka berhasil mengamankan sebanyak 17 unit mobil hasil curian dari dua orang tersangka masing-masing Yudiansyah, (38) dan Midun Zaimawardi (25). 17 unit mobil pikap itu terdiri dari 15 unit mobil  jenis L300  dan 2 unit lainnya berjenis Colt T.

Informasi yang berhasil dihimpun Haluan di Mapolres Arosuka menyebutkan terungkapnya kasus pencurian mobil ini berawal dari penangkapan kedua tersangka oleh  jajaran Polres Sijunjung pada hari Selasa (22/3) lalu.

Sebagaimana diberitakan Haluan pada Senin (28/3) kemarin, dilaporkan adanya perampokan terhadap mobil L300 Nopol BA 8247 PE milik warga di depan ruko kawasan Halaban, Simpang Pulai, Nagari Panyakalan, Kecamatan Kubung dini hari sekitar pukul 04.30 Wib Selasa, (22/3) lalu yang diterima oleh petugas Polsek Kubung.

Saat itu para tersangka yang merupakan warga Jambi yang tinggal di kawasan Simpang Rumbio Kota Solok ini, berniat akan membawa Mobil L 300 tersebut ke Kota Jambi, namun setibanyanya di SPBU Muarokalaban, salah seorang keluarga korban melihat mobil tersebut melaju ke arah Kabupaten Sijunjung.  Keluarga korban tersebut kemudian mengikuti serta memberitahukan kepada anggota Polres Sijunjung terdekat. Setelah melakukan pengejaran anggota Polsek dan dibantu oleh masyarakat berhasil meringkus pelaku di Jorong Muaro Takuang Nagari Muaro Takuang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. 

Dari hasil pemeriksaan petu­gas, kedua tersangka mengakui bahwa mobil yang dibawanya merupakan barang curian yang disikatnya dari daerah Keca­matan Kubung Kabupaten Solok. Penangkapan kedua pelaku ini kemudian dilaporkan kepada petugas di Mapolsek Kubung, dan pada siang harinya, petugas op­sional dari Mapolsek Kubung dan Polres Solok menjemput kedua tersangka dan diamankan di Mapolres Solok Arosuka untuk pengembangan lebih lan­jut. “Nah, dari pengembangan interogasi kedua tersangka ini kita berhasil menjemput mobil-mobil ini,” kata kapolres Solok AKBP Reh Ngenana Depari melalui Kasat Reskrim AKP Budi Satria.

Budi menambahkan, 1 unit barang bukti (bb) mobil ini dijemput dari Payakumbuh. 9 unit bb berasal dari wilayah Kecamatan Gunung Talang, dari Kecamatan Lembang Jaya dan Lembah Gumanti. Saat ini hanya 8 unit mobil yang masih utuh sedangkan  5 unit telah dibedah dan hanya blok mobil jenis L300 yang dapat diamankan sementara 5 lainnya juga hanya bersisa kepala mobil saja.

Pihaknya menambahkan pen­­jem­putan mobil ini juga bera­gam. Ada mobil yang ditinggal­kan tersangka di jalan. “Kalau blok dan kepala mobil ini kita ambil dari bengkel di kawasan Kecamatan Gunung Talang,” kata Budi.

Terkait itu, Kapolres Solok AKBP reh Ngenana menye­but­kan, dari pengembangan yang dilakukan, kedua tersangka ini masih termasuk jaringan para tersangka yang ditangkap oleh Polres Limapuluh Kota beberapa waktu lalu.

Selain itu petugas juga mendapat informasi, jika jaringan ini sudah berhasil menjual seki­tar 35 unit mobil. “Sekitar 9 orang tersangka lainnya saat ini masih kita selidiki,” kata Kapol­res Reh Ngenana.

Pihaknya bahkan meyakini, sindikat ini memiliki jaringan luas dan merambah lintas Pro­vinsi Jambi, Riau dan Sumbar. Lantaran itu, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dan berkoordinasi dengan Polres lain di Sumbar. “Kita akan terus memburu pelaku yang tergabung dalam jaringan ini,” tegas Nana. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]