Haluan Riau Raih Humas Polri Award 2016

Kapolri: Polri-Media Harus Bersinergi


Selasa, 29 Maret 2016 - 04:03:43 WIB
Kapolri: Polri-Media Harus Bersinergi Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti menyerahkan Humas Polri Award 2016 kepada CEO Haluan Media Group H Basrizal Koto di Ruang Rupatama Mabes Polri, Senin kemarin. (DODI-HR)

JAKARTA, HALUAN — Ha­luan Media Group (HMG) kembali menorehkan pres­tasi tingkat nasional. Setelah Harian Haluan menerima penghargaan MDGs Award tahun 2013 lalu dari Pre­siden RI, Senin kemarin (28/3), giliran Haluan Riau –group Haluan di Riau—yang meraih Humas Polri Award 2016.

Prestasi sebagai koran lokal terbaik dalam kategori pemberitaan hukum, kri­minal dan tugas-tugas kepo­lisian ini, diserahkan lang­sung oleh Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti kepada CEO HMG H Basrizal Ko­to di Ruang Rupatama Ma­bes Pol­ri, Jakarta, pagi kemarin.

Penghargaan ini meru­pakan apresiasi dari jajaran Polri atas publikasi kegiatan dan kinerja institusi Polri yang dilakukan media cetak group Haluan. Ikut me­nyaksikan pemberian peng­hargaan ini Wakil Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan dan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Anton Char­liyan, segenap pejabat utama di lingkungan Mabes Polri dan Direktur HMG Des­fandri Madjid.

Kapolri Jenderal Pol Badroedin Haiti, saat mem­buka Rapat Kerja Teknis Fungsi Humas Polri 2016, menekankan Polri dan me­dia harus menjalin kemi­traan yang baik. Keduanya,

memiliki hubungan yang erat dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

“Media sebagai penyebar informasi, sarana edukasi bagi masyarakat, sebagai sarana hi­buran, juga media sebagai kontrol sosial. Oleh karena itu, Polri dan media harus bersinergi guna mencerdaskan bangsa,” kata Kapolri mengingatkan.

CEO HMG yang juga Pe­mim­pin Umum Haluan Riau H Bas­rizal Koto, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang ditorehkan HMG ini.

“Alhamdulillah, cita-cita saya bersama tokoh pers dan masya­rakat di Riau, Sumbar dan Kepri, tidak sia-sia. Di tiga provinsi ini, Haluan bisa membangun hubu­ngan yang positif dengan berbagai pihak, khususnya dengan jajaran Polri  dan ikut serta mendorong pembangunan daerah dan mas­yarakat,” ujar Basko, panggilan akrab Basrizal Koto.

Ke depan, sebut Basko, ika­tan kerjasama dan kemitraan yang telah terbangun selama ini harus terus ditingkatkan. Baik, dengan institusi hukum seperti Polri, TNI, Kejaksaan, dan lain­nya, serta institusi pemerintahan dan mitra usaha.

Basko mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang dibe­rikan Polri kepada Haluan. “Kita juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kapolri dan jajarannya. Kita tidak menduga mendapat peng­hargaan dari Polri. Karena sela­ma ini kita bekerja sama tanpa mengharapkan penghargaan,” katanya.

Haluan Media Group, papar Basko, selama ini bekerja profe­sional sesuai mottonya “men­cerdaskan kehidupan masyara­kat”.  Haluanjuga menjalin kerja sama dengan TNI, Kejati dan KPK dalam mempublikasikan berita terkait hukum, seperti kasus korupsi, narkoba dan kejahatan lingkungan, seperti illegal logging dan Karhutla. Penghargaan ini merupakan buah kerja keras team work wartawan-wartawan Haluan Riau dan HMG. Saya mengucapkan teri­ma kasih kepada seluruh tim,”  tambahnya.

Haluan Riau merupakan satu-satunya media lokal di Riau, Sumbar dan Kepri yang meraih penghargaan Humas Polri Award 2016, bersama dengan sembilan media nasional dan lokal lainnya. Selain itu, apresiasi juga disampaikan kepada Kabid Humas dan Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang bepres­tasi, serta mitra Humas Polri.

Khusus untuk di Sumatera Barat, Basko juga berharap kepa­da Harian Haluan dan Kapolda yang baru Brigjen Pol Basaruddin dan jajarannya, untuk bisa mem­bangun kemitraan yang baik, seperti yang dilakukan di Riau dan Kepri. Termasuk dengan jajaran TNI dan penegak hukum lainnya seperti Kejaksaan, Penga­dilan dan jajaran Pemerintah Sumatera Barat. 

“Mudah-mudahan hubungan baik dengan Kapolda dan jajaran yang sebelumnya, bisa berlanjut dan bersinergi untuk kepen­tingan daerah dan masyarakat,” ujar Basko. 

Semakin Berat

Sementara itu, Kapolri Jen­deral Pol Badroedin Haiti, saat membuka Rapat Kerja Teknis Fungsi Humas Polri 2016, mene­kankan Polri dan media harus menjalin kemitraan yang baik. Keduanya, memiliki hubungan yang erat dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

Rakernis tersebut diikuti 190 peserta, dari Pejabat Utama Mabes Polri, para Kabid Humas, Kasubdit Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) jajaran Polda, Pejabat PID Satker Mabes Polri, Pejabat Div Humas Polri, dan peserta lainnya.

Kapolri juga mengingatkan, ke depannya tugas Humas Polri akan semakin berat. Media dan teknologi informasi selalu ber­kembang seiring perkembangan masyarakat. Terjadi suatu peru­bahan yang harus diikuti dan diantisipasi anggota Polri secara keseluruhan.

Polisi, tidak bisa lagi me­nerapkan pemolisian dengan gaya-gaya yang lama. Hampir setiap saat aktivitas Polisi bisa didokumentasikan, dan itu bisa disebarkan ke seluruh dunia. Sehingga akan lebih transparan.

“Oleh karena itu, prilaku-prilaku kita yang masih negatif, ini bisa setiap saat bisa menjadi obyek media untuk disebar­luaskan kepada masyarakat,” ingat Kapolri.

Lebih lanjut, Kapolri menye­butkan, kebebasan pers meru­pakan salah satu hasil reformasi. Media yang dahsyat akan mampu membentuk persepsi yang positif dan negatif terhadap masyarakat. “Ini yang Saya minta untuk dipahami. Langkah-langkah yang telah dilakukan Humas Polri untuk bisa terus dikembangkan,” sebut Kapolri.

Tidak hanya itu,  Kapolri juga menyadari kalau kesulitan yang umumnya dihadapi anggota yang bertugas di Humas Polri, yakni untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat, serta akurat.

“Saya minta seluruh anggota Polri bisa dijadikan sebagai agen informasi. Sebagai agen humas,” pintanya.

Dengan pelaksanaan Raker­nis ini,  sebut Kapolri lebih lanjut, dapat dijadikan sarana evaluasi guna membahas mem­bahas dan mencari solusi per­masalahan di lapangan.

Pelaksanaan Rakernis yang berlangsung selama dua hari ini akan diisi dengan pembekalan dari sejumlah narasumber, seper­ti oleh Wakapolri, Kabareskrim Polri, Asrena Kapolri, As SDM Kapolri, serta kegiatan diskusi panel dengan narasumber seperti Menkominfo, Rudiantara, Yu­liandre Darwis Ph D, dan Rustika Herlambang.

Peserta rakernis juga akan melakukan anjangsana atau kun­jungan ke sejumlah media nasio­nal di Jakarta. (h/hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]