Mutasi ‘Galodo’ di Pemko Padang Panjang

Pejabat Nonjob 'Berdarah' Lagi


Selasa, 29 Maret 2016 - 04:04:29 WIB
Pejabat Nonjob  'Berdarah' Lagi WALIKOTA Padang Panjang Hendri Arnis saat melantik dan mengambil sumpah 204 pejabat setingkat eselon III, IV dan V pada guliran gerbong mutasi di lingkungan Pemko Padang Panjang, Senin (28/3). (HUMAS)

Mutasi ‘galodo’ terjadi di Pemko Padang Panjang. Dari 204 pejabat yang dilantik, enam pejabat nonjob ‘berdarah’ lagi.  

PADANG PANJANG, HALUAN—Gerbong mutasi bergulir di Pemko Padang Panjang, Senin (28/3). Tak tanggung-tanggung, sebanyak 204 pejabat setingkat eselon III dan IV, bergeser jabatan. Mutasi ‘galodo’ ini, seperti ikut memberikan berkah bagi sejumlah pejabat yang sebelumnya berstatus nonjob. Lama ‘masuk kan­dang’, kini mereka para pejabat nonjob ‘berdarah’ lagi.

Dari salinan SK Walikota Padang Panjang bernomor tertanggal 28 Maret 2016 yang diterima Haluan kemarin, sedikitnya terdapat enam pejabat nonjob yang kembali mendapatkan jabatan. Keenam pejabat tersebut, nota bene juga merupakan pejabat yang dulunya ikut menandatangani surat pengaduan kepada Presiden RI, pe­rihal pejabat nonjob di lingkungan Pemko Padang Panjang.

Dari enam pejabat nonjob ter­sebut di antaranya Drs. Syahrizal MM, Dra. Laswarni, Ir. Afrizal Tazar MP, Dra. Neldawati, Drs. Faisal dan Drs. Dalius. Sementara sebelumnya, juga sudah terlebih dahulu men­dapatkan jabatan kembali masing-ma­singnya Zulkifli SH dan Taufik SH M.Si, yang juga tercatat sebagai pelapor kepada Presiden RI, tertanggal 23 Juni 2015.

Dengan demikian, berke­mungkinan masih tersisa seba­nyak 12 pejabat lagi (dari 20 pejabat nonjob yang melapor ke Presiden RI), yang tentunya hingga kini masih berstatus non­job dan mangkal di BKD se­tempat. Mereka tidak ikut dilan­tik pada mutasi kemarin, antara lain Drs Yulfahmi, Drs Bustami, Mardayati, Drs. Desmartin, Anan­da S.Sos, Drs. Adri Ber­mawi, Asmayuni SKM, Drs. Febrianus, Drs. Trinof, Nurmaini S.Sos, Nurmiati Amin dan Yu­hasnida.

Sementara Syahrizal yang dilantik kemarin selanjutnya dipercaya menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan. Sedangkan Laswarni menjabat Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM dan Perindag, selanjutnya Afrizal Tazar menjabat Sekretaris pada Dinas Pertanian, Neldawati seba­gai Kasubag Penerangan Sekre­taris DPRD, Faisal menjabat Kepala UPTD Terminal Dishub dan Dalius menjabat Kabid Pe­ren­canaan di Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang.

Sementara Zulkifli, yang pas­ca dinonjobkan dipercaya men­jabat Kabid Pendapatan DPP KAD, kemarin resmi dilantik di jabatan barunya sebagai Camat Padang Panjang Barat. Se­dang­kan Taufik yang pasca nonjob juga kembali dipercaya sebagai Sekre­taris BPBD dan Kesbangpol, kemarin dilantik di jabatan ba­runya sebagai Kasubag Umum di Dinsosnaker Padang Panjang.

Guliran gerbong mutasi di lingkungan Pemko Padang Pan­jang, sebenarnya bukanlah hal “aneh”. Dari catatan Haluan sampai dengan 23 Juni 2015 (dua tahun kepemimpinan Hendri Arnis-Mawardi), sedikitnya su­dah dilakukan sebanyak 18 kali mutasi. Dari sekian banyak yang nonjob, tak sedikit dari pejabat yang “terpaksa” hijrah ke luar daerah.

Jangan Kecewakan Saya

Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis pada pelantikan 204 pejabat eselon III dan IV kemarin mengatakan, kegiatan mutasi, rotasi, promosi dan de­nosi jabatan merupakan hal wajar di organisasi pemerintahan. Hal itu katanya, juga sudah dise­suaikan dengan kebutuhan orga­nisasi dan pekerjaan.

“Untuk menunjang dan mem­perkuat kinerja di SKPD, memang penting dilakukan mu­tasi ini, agar semua program serta visi dan misi kita dapat tercapai dengan baik. Untuk semua peja­bat yang dilantik, saya harapkan untuk tidak mengecewakan saya,” ujar Hendri Arnis.

Pada kesempatan itu, Hendri Arnis juga menyampaikan de­ngan tegas kepada pejabat yang baru dilantik, jika tidak sanggup melaksanakan amanah yang telah diberikan kepadanya silahkan mundur dari jabatan.

“Saya akan perhatikan kinerja dari pejabat yang dilantik seka­rang, jika ada pekerjaannya yang tidak beres, saya akan langsung ganti. Agar semua program kerja dapat berjalan dengan lancar, tak masalah jika harus ada lagi mu­tasi bulan depan,” ungkapnya tegas. (h/yan/mg-pis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]