BPBD Pasaman Butuh Kendaraan Rescue


Selasa, 29 Maret 2016 - 14:46:18 WIB
BPBD Pasaman Butuh Kendaraan Rescue

PASAMAN, HALUAN — Ba­dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman membutuhkan lima unit ken­daraan rescue yang dipergu­nakan untuk penanggulangan dan respon cepat kebenca­naan.

Kepala BPBD Kabupaten Pasaman, Sayuti Pohan, me­nga­takan, melihat tingginya potensi bencana alam di dae­rah ini, setidaknya BPBD membutuhkan lima kenda­raan rescue, sedangkan saat ini kendaraan operasional terse­but hanya ada satu unit.  

Baca Juga : Nutrisi Alami Laa Roiba Dapat Percepat Panen Padi hingga Pepaya

“Kami mengakui, saat ini untuk kendaraan rescue seb­a­gai alat untuk menjangkau lokasi bencana alam, masih sangat minim, dimana hanya ada satu unit, sedangkan ben­cana alam sering terjadi, apa­lagi darerah ini memiliki 12 kecamatan, dimana diantara­nya banyak yang memiliki potensi bencana alam, sebab itu, tahun ini akan dilakukan penambahan,” kata Sayuti.

Ia menambahkan, untuk penambahan kendaraan terse­but, tahun 2016 telah ada anggaran dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016, sebesar Rp403 juta, untuk satu unit kenda­raan double cabin.

Baca Juga : Hingga Besok, Gelombang Air Laut di Perairan Sumbar Bisa Mencapai Ketinggian...

BPBD menjelaskan, de­ngan adanya penambahan satu unit tersebut, setidaknya dapat membantu mempercepat pe­nang­gulangan bencana alam di daerah ini, sebab di Pasa­man, sering terjadi banjir, dan tanah longsor.

Berdasarkan data BPBD setempat, sejak Januari hing­ga Maret 2016, sudah terjadi tiga kali bencana alam, baik itu longsor, maupun banjir, yang mengakibatkan kerugian telah mencapai miliaran ru­piah, dan kerusakan infra­struktur yang tidak ter­hitung banyaknya.

Baca Juga : Leonardy Tegaskan Penggunaan Anggaran untuk Pembangunan

Selain membutuhkan tam­­bahan operasional pe­nangu­langan bencana alam, saat ini BPBD setempat juga tengah mengajukan penam­bahan ma­kanan siap saji pada BPBD provinsi, seebab saat ini diakui pihak terkait, untuk persiapan terjadinya bencana alam, maka­nan siap saji telah habis.

“Saat ini makanan siap saji telah habis di BPBD, sebab itu, kami mengajukan penam­bahan, sebagai antisipasi jika bencana alam kembali terjadi di daerah ini,” jelasnya.

Baca Juga : Hari Kedua Bekerja, Bupati-Wabup Pasbar Kunjungi RSUD Jambak dan Pasar Kajai

Sementara itu, selain me­nam­bah kendaraan opera­sional rescue, pihak terkait tahun ini juga akan menam­bah satu unit kendaraan pe­ma­dam kebakaran yang meru­pakan bagian dari BPBD.

“Tahun ini kami juga me­nambah satu unit kendaraan pemadam kebakaran dengan anggaran Rp1,56 miliar, di­mana anggaran tersebut bera­sal dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelasnya. (h/col).

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]