BPPrKB Maksimalkan Peran Tenaga Pendamping


Selasa, 29 Maret 2016 - 15:23:45 WIB

PADANG, HALUAN—Guna meningkatkan optimalisasi pelayanan dan pendampingan penyelesaian kasus kekerasan yang dialami oleh perempuan dan anak, Badan Pem­berdayaan Perempuan dan Keluarga Beren­cana (BPPrKB) Sumatera Barat mem­berikan pelatihan para tenaga pendamping di tingkat provinsi dan kabupaten kota.

Acara pembekalan tersebut dilak­sanakan selama dua hari yang dimulai sejak Senin (28/3) hingga Selasa (29/3) di Asrama Haji Padang. Menghadirkan sejum­lah narasumber diantaranya, dari BPPrKB Sumbar, P2TP2A Sumbar, Bareskrim Polda Sumbar, RSUP M Djamil Padang, Dinas Sosial Sumbar, Pengadilan Tinggi Sumbar, dan Psikolog.

Kepala BPPrKB yang diwakili Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak Ifrah mengatakan, banyak faktor yang me­nyebabkan terjadinya kekerasan pada perepuan dan anak.

Diantaranya, faktor patriarki yang masih banyak terjadi di masyarakat yang me­mandang perempuan lebih rendah dari laki-laki. Disamping itu, persepsi yang salah tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak yang menganggap kekerasan sebagai hal yang biasa dan merupakan hak dari pelaku yang kebanyakan adalah orang terdekatnya.

Ia mengatakan, kekerasan terhadap perempuan dan anak saat ini berlaku umum dan tidak lagi memandang dari segi pen­didikan, pekerjaan, kedudukan sosial, agama, suku bangsa, etnis, penghasilan dan ras yang melekat pada laki-laki dan pe­rempuan tersebut.

Artinya, kekerasan terhadap perempuan dan anak terjadi pada semua jenis strata sosial sepanjang ketimpangan hubungan laki-laki dan perempuan masih diyakini dan dimanifestasikan dalam kehidupan sosial.

“Korba kekerasan baik itu pada perem­puan ataupun anak umumnya mengalami penderitaan fisik, psikis, mental, seksual, dan penelantaran, untuk itu mereka perlu sesegera mungkin diberikan penanganan secara terpadu oleh penyelenggara layanan baik yang dibentuk oleh pemerintah maupun masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) merupakan wadah pela­yanan perempuan dan perlindungan anak yang berbasis masyarakat.   (h/rin)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]