Taman Baca Kecamatan Terima Bantuan


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:17:04 WIB
Taman Baca Kecamatan Terima Bantuan

Agam, Haluan — Sebanyak tiga taman bacaan sejumlah kecamatan akan menda­patkan bantuan berbagai judul buku dan rak pustaka pada tahun 2016. Taman baca ini diusulkan, pihak kecamatan yang telah menyediakan lokasi atau tempat untuk pustaka kecamatan tersebut.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Agam, M. Arsyid, di Lubuk Basung, Selasa (29/3) mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong agar minat baca terus tumbuh sesuai dengan keinginan daerah Agam gemar membaca. Untuk hal itu telah dilakukan beragam terobosan.

Baca Juga : Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Dana Nagari Masih Diprioritaskan untuk Penanganan Covid-19

Pada tahun ini salah satunnya dengan membantu taman bacaan yang ada di kecamatan. Adapun kecamatan yang diren­canakan mendapat bantuan tahun 2016 adalah Kecamatan Candung, Sungai Pua dan Kecamatan Matur. Taman-taman bacaan ini terdiri dari Pustaka yang dikelola oleh masyarakat yang di SK melalui camat setempat.

“Bantuan ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk mencer­daskan dan memotivasi anak bangsa dan meningkatkan minat baca dan mendukung program Ayo Gerakan Agam Membaca (AGAM). Kemajuan daerah tidak lepas dari pendidikan serta tingkat kecerdasan pen­duduk,” katanya.

Baca Juga : Gas Tabung Melon Mulai Langka di Muara Labuh

Menurutnya, bantuan ini dianggarkan pada perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam tahun 2016.

“Setiap taman baca pustaka kecamatan dibantu Rp13 juta dan ini berupa 60 judul buku,” katanya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]