Pertumbuhan Ekonomi Agam Terus Membaik


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:17:59 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Agam Terus Membaik

Agam, Haluan — Pembangunan pada tahun 2015 secara umum difokuskan kepada infrastruktur jalan, irigasi, air bersih, sanitasi kesehatan, pendidikan, pertanian dan perdagangan. Hal tersebut tidak sedikit memberikan efek kepada perekonomian yang terus membaik.

Dalam capaiannya, Peme­rintah Kabupaten Agam terus bergrak pada arah yang lebih baik, dengan perbaikan serta peningakatan pada setiap bidang, serta perbaikan pere­komian. Hal tersebut diung­kapkan Bupati Agam dalam  rapat paripurna istimewa pe­nyam­paian Laporan Ketera­ngan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah, 2015, Selasa (29/3).

Baca Juga : Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Dana Nagari Masih Diprioritaskan untuk Penanganan Covid-19

Dikatakannya, pemerin­tah sangat berkomitmen men­dorong pembangunan baik secara fisik maupun segi kua­litas sumberdaya manusia yang bakal menerjemahkan penyelengaraan pemerintah daerah. Perbaikan tersebut sudah mewujudkan pacapaian yang mengembirakan perce­patan pembangunan pada setiap bidang.    

Sepanjang 2015, pereko­nomian masyarakat Kabu­paten Agam menunjukkan perkem­bangan sangat bagus. Data statistik dari BPS mem­perlihatkan kinerja Makro Ekonomi dan kesejahteraan rakyat yang diwakili oleh laju pertumbuhan ekonomi tum­buh sebesar 5,84 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumbar dan nasional sebesar 5,41 persen dan 4,79 persen.

Baca Juga : Gas Tabung Melon Mulai Langka di Muara Labuh

“Pertumbuhan ekonomi yang terus positif, disertai pertumbuhan PDRB dan pen­da­patan regional perkapita yang cukup tinggi, berdampak pada penurunan kemiskinan dari 7,02 persen tahun 2014 menjadi 6,82 persen pada tahun 2015. Penurunan angka kemiskinan ini tidak lepas dari peran Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Agam, yang telah berhasil mengum­pulkan zakat pada tahun 2015 sebesar Rp8,68 miliar,” jelas­nya. 

Dikatakan Indra Catri, selain melakukan pembangu­nan publik, pemerintah terus mengoptimalisasi dalam pola pelayanan publik, traparansi dan penyenggaraan peme­rintahan yang baik dan bersih. Diantaranya meningkatkan kompetensi dan integritas aparatur, memperbaiki mana­jemen pengelolaan anggaran daerah, meningkatkan kuali­tas pengelolaan anggaran daerah serta meningkatkan efesiensi dan efektivitas peng­gunaan anggaran.

Menurutnya, dalam men­ja­lankan program pemba­ngunan dibutuhkan tenaga birokrasi yang handal dan memiliki kompetensi pendi­dikan. Pemerintah melakukan peningkatan kapasitas dan profesionalitas aparatur terus dilakukan, baik melalui jalur pendidikan formal, jabatan serta pendidikan teknis. Seba­gai gambaran, dari 8.466 PNS sebanyak 5.375 orang atau 63,49 persen memiliki kom­petensi pendidikan sarjana dan magister. Jumlah tersebut meningkat sebesar 224 orang dibanding tahun 2014. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]