Kades dan Lurah Ikuti Sosialisasi IPAL Komunal


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:18:42 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Sepuluh kepala desa dan kepala kelurahan di Kota Paria­man telah mengikuti sosialisasi terkait rencana pembangunan IPAL komunal di sejumlah desa di di Kota Tabuik tersebut, Senin (21/3). Sementara sosialisasi kepada warga, segera dilakukan.

Kasi Teknik Penyehatan Lingkungan, Triana Sari kepada Haluan Jumat (25/3) menyebutkan, sosialisasi lingkungan ber­basis masyarakat (SLBM) DAK tahun 2016 dilak­sana­kan di ruang pertemuan kantor Dinas Pekerjaan Umum Pariaman di Karan Aua.

Sepuluh desa telah terpilih untuk pembangunan IPAL komunal DAK tahun 2016, makanya 10 kades/kepala kelurahan yang terpilih tersebut dilakukan sosialisasi. Sepuluh Kades yang ikut sosialisasi yaitu, Balai Kurai Taji, Sungai Pasak, Kam­pung Baru, Kelurahan Kampong Pondok, Pasir, Perak, Kampung Jawa 1, II, Jati Mudiak dan kelurahan jalan kereta api. Syarat dapat pembangunan IPAL ko­munal tersebut, karena wilayahnya rawan sanitasi. Dan diernakan habis lebaran diperkirakan pekerjaan dimulai, setelah RKM selesai yang diperkirakan pembuatan RKM tersebut selesai bulan puasa depan.

IPAL Komunal hanya untuk 9 desa. Sementara desa Sungai Pasak merupakan septiktank komunal sebab jumlah pen­duduknya masih kurang padat.

Tahun lalu, tahun 2015, Ipal Komunal telah dibangun pada 6 lokasi, termasuk 4 MCK Plus, Ipal Komunal di dua lokasi. Tujuan pembangunan sarana tersebut untuk per­cepatan sanitasi MDGS 100-0-1oo, aartinya  100 persen sanitasi layak, nol persen pe­mu­kiman kumuh dan 100 persen air bersih. Menurut Triana Sari, dana pusat ini banyak memang, tapi hanya untuk komunal hitunga­nya minimal 50 KK untuk 1 desa. (h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 14:43:35 WIB

    Pandemi Covid-19, Kades Balai Nareh: Rencana Pembelian Mesin Pres Sampah Terpaksa Ditunda

    Pandemi Covid-19, Kades Balai Nareh: Rencana Pembelian Mesin Pres Sampah Terpaksa Ditunda HARIANHALUAN.COM - Rencana Pemerintahan Desa Balai Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman tahun 2020 ini membeli mesin pres untuk pengolahan sampah dari dana untuk TPS3R di desa setempat, gagal..
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 15:37:57 WIB

    Kades Terpilih Kampung Ampar Dilantik Wawako Pariaman

    Kades Terpilih Kampung Ampar Dilantik Wawako Pariaman PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-BPD harus sejalan dengan kepala.desa, harus sinergi jangan saling melihatkan arogan, karena bisa berdampak kepada pelaksanaan program pembangunan di desa..
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:15:44 WIB

    10 Desa di Sawahlunto Gelar Pilkades Serentak

    10 Desa di Sawahlunto Gelar Pilkades Serentak SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 10 Desa di Sawahlunto menggelar pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Kamis 17 Oktober 2019. .
  • Selasa, 31 Mei 2016 - 03:20:24 WIB

    9 Desa Gelar Pilkades Serentak 2017

    SAWAHLUNTO, HALUAN—Sebanyak sembilan desa di Sawahlunto akan menggelar pemilihan kepala desa (pil­kades) serentak di 2017. Ter­kait hal itu Pemerintah Kota Sawahlunto bersama DPRD setempat telah menerbitkan Paraturan Daer.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]