Perbaikan Infrastruktur Rusak Akibat Bencana

Rp100 Juta Sudah di Rekening BPBD


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:21:13 WIB
Rp100 Juta Sudah di Rekening BPBD Kepala BPBD Kota Pariaman, Yaminu Rizal, berjabat tangan dengan Deputi Tanggap Darurat/Penanganan Darurat Bencana Alam/Non Alam Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Budi Erwanto, sambil memegang label bantuan untuk Kota Pariaman.

PARIAMAN, HALUAN — BNPB Pusat telah menyetorkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp100 Juta ke rekening BPBD Kota Pariaman. Dana tersebut bisa bertambah dan tidak terbatas makimalnya untuk perbaikan infrastruktur yang rusak disaat bencana banjir melanda Kota Pariaman.

Demikian disampaikan Deputi Tanggap Darurat/Penanganan Darurat Ben­cana Alam/Non Alam Bad­an Nasional Penang­gulang­an Bencana (BNPB) RI, Budi Erwanto, di ruang Wawako Pariaman, Kamis (24/3).

Dana yang diberikan tersebut, berasal dari dana operasional BNPB Pusat, dan seterusnya menunggu proposal yang akan diajukan Pemerintah Kota Pariaman ajukan kepada BNPB pusat.

Kucuran dana tersebut untuk penanganan bencana baik infrastruktur dan fisik yang mendesak  diperbaiki. Seperti untuk perbaikan jembatan, sungai maupun bangunan fisik lainnya, dan ini tidak memerlukan biro­krasi yang berbelit belit.

Pemerintah Pusat telah mencanangkan dana untuk Bencana mencapai angka 5 Trilyun, sehingga untuk pe­nanganan darurat korban bencana baik bencana alam maupun non alam dapat menggunakan dana tersebut.

Kepala BPBD Kota Pa­ria­man, Yaminu Rizal, me­nga­takan bahwa untuk men­dapatkan bantuan ini, kami telah berkordinasi dengan BNPB Pusat apa saja syarat dan data yang diperlukan dalam melengkapi laporan bencana Banjir yang me­landa Kota Pariaman kemaren.

Banjir yang meliputi ha­m­pir separuh wilayah Kota Pariaman kemaren adalah yang terbesar selama 30 tahun terakhir. Dan DSP ini akan dimanfaatkan untuk mendata apa saja yang akan disikapi dalam penyaluran dana ini nantinya,

Dana bantuan pusat se­besar Rp100 juta, masuk ke rekening BPBD Kotya Pa­ria­man pada hari pertama kita melaporkan bancana banjir yang melanda Kota Pariaman dengan me­lam­pirkan data kerusakan dan jumlah rumah dan pengung­si yang kita data, bekerja­sama dengan Kepala desa/Lurah setempat.

Pemerintah Pusat telah mencanangkan dana untuk Bencana mencapai angka 5 Trilyun, sehingga untuk pe­nanga­nan darurat korban bencana baik bencana alam maupun non alam dapat menggunakan dana tersebut

Kini BPBD Kota Paria­man juga sedang menyiap­kan data dan proposal untuk bantuan tambahan yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur yang rusak dilanda banjir.

Rombongan BNPB Pu­sat yang datang ke Kota Pariaman, diterima Kepala Badan Penanggulangan Be­n­­cana Daerah (BPBD) Kota Pariaman, Yaminu Rizal, berserta jajaranya. (h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 November 2018 - 21:26:13 WIB

    Kelurahan di Kota Pariaman Dapat Bantuan Rp100 Juta

    Kelurahan di Kota Pariaman Dapat Bantuan Rp100 Juta PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 kelurahan yang ada di Kota Pariaman mendapat suntikan dana keluarahan sebesar Rp100 juta untuk tiap kelurahan. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Par.
  • Rabu, 19 April 2017 - 13:28:00 WIB

    Kerugian Akibat Banjir di Solok Selatan Capai Rp100 Juta

    Kerugian Akibat Banjir di Solok Selatan Capai Rp100 Juta SOLOK SELATAN, HALUAN - Kerugian akibat bencana banjir yang melanda Jorong Sikayantalang, Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel) pada Minggu (16/4) ditaksir mencapai Rp100 juta. Selain satu .
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 03:01:45 WIB

    Rp100 Juta Dianggarkan untuk Pengembangan GOR

    Rp100 Juta Dianggarkan untuk Pengembangan GOR PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman sedang membuat peren­ca­naan pengembangan Gedung Olahraga (GOR) yang ter­dapat di Pauh Pariaman un­tuk menjadi gedung serba guna..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]