Menteri Yuddy Bandingkan Era Jokowi dengan SBY


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:25:50 WIB

JAKARTA, HALUAN — Menteri Penda­ya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mem­ban­dingkan jumlah kementerian dan lembaga yang mencanangkan zona integritas pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.

Hasilnya, jumlah kementerian dan lembaga yang mencanangkan zona inte­gritas lebih banyak dilakukan pada peme­rintahan Presiden Joko Widodo.

“Ini sebagaimana Presiden (Jokowi) menginstruksikan kementerian dan lembaga untuk perluasan wilayah bebas korupsi dan pelayanan publik,” ujar Yuddy di Kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa (29/3).

Menurut Yuddy, di akhir pemerintahan SBY, baru ada 4 kementerian yang men­canangkan zona integritas. Namun, untuk saat ini, dari 34 kemen­terian hanya tinggal 4 kementerian yang belum melakukan pencanangan.

Sementara untuk lembaga negara, di awal pemerintahan baru ada 4 lembaga yang mencanangkan. Namun, saat ini semua lembaga negara telah melakukan penca­nangan. Untuk provinsi, di awal peme­rintahan Jokowi, baru ada 3 provinsi yang mencanangkan. Saat ini, jumlahnya bertam­bah menjadi 23 provinsi yang sudah men­canang­kan.

Untuk kabupaten/kota, jika pada peme­rintahan sebelumnya baru ada 3 daerah yang mencanangkan, saat ini 277 daerah mengi­kuti. Menurut Yuddy, pencanangan zona integritas adalah salah satu bukti komitmen konkret Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk membangun wilayah bebas korupsi di instansi pemerintahan.

Yuddy mengatakan, setidaknya ada 6 hal yang perlu dilakukan seluruh instansi pemerintah. Pertama, mengubah me­kanisme kerja dengan meningkatkan efi­siensi, perbaikan manajemen internal dan sumber daya manusia yang transparan dan akuntabel.

Selain itu, meningkatkan kapasitas pemimpin dan pegawai, mengefektifkan pengawasan, serta meningkatkan pelayanan publik. (h/kcm)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 21:30:36 WIB

    Dahlan Sebut Menteri Lebih Takut Ini Ketimbang Amarah Jokowi

    Dahlan Sebut Menteri Lebih Takut Ini Ketimbang Amarah Jokowi HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014 Dahlan Iskan ikut mengomentari kemarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara sebelumnya meluapkan kekesalannya saat meyampaikan arahan di d.
  • Senin, 29 Juni 2020 - 18:41:46 WIB

    Jokowi Punya Kuasa Langsung Ganti Menteri, Pengamat: Tak Perlu Marah

    Jokowi Punya Kuasa Langsung Ganti Menteri, Pengamat: Tak Perlu Marah HARIANHALUAN.COM - Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai Presiden Joko Widodo sebaiknya tidak perlu lagi mengungkap ketidakpuasan atas kinerja menterinya di masa menda.
  • Senin, 29 Juni 2020 - 11:49:36 WIB

    Kementerian Kesehatan Disentil, Jokowi: Jangan Bertele-tele!

    Kementerian Kesehatan Disentil, Jokowi: Jangan Bertele-tele! HARIANHALUAN.COM - Presiden Jokowi meminta rantai birokrasi selama penanganan covid dipersingkat. Ia tak ingin lagi melihat pelayanan terhadap pasien maupun keluarga korban yang wafat akibat virus tersebut terkesan lamban..
  • Senin, 29 Juni 2020 - 08:23:04 WIB

    Kecewa Kinerja Menterinya, Resuffle Jadi Pilihan Dilematis Jokowi

    Kecewa Kinerja Menterinya, Resuffle Jadi Pilihan Dilematis Jokowi HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku jengkel terhadap kinerja anak buahnya di kabinet selama masa pandemi virus corona (Covid-19). Dia p.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 18:51:02 WIB

    Di Hadapan Menteri, Presiden Tegaskan Akan Bubarkan Lembaga-Reshuffle

    Di Hadapan Menteri, Presiden Tegaskan Akan Bubarkan Lembaga-Reshuffle HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran kabinet untuk melakukan kerja ekstra dalam menangani pandemi virus Corona. Tak tanggung-tanggung Jokowi juga akan melakukan perombakan kabinet jika dipe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]