Menteri Yuddy Bandingkan Era Jokowi dengan SBY


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:25:50 WIB
Menteri Yuddy Bandingkan Era Jokowi dengan SBY

JAKARTA, HALUAN — Menteri Penda­ya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mem­ban­dingkan jumlah kementerian dan lembaga yang mencanangkan zona integritas pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.

Hasilnya, jumlah kementerian dan lembaga yang mencanangkan zona inte­gritas lebih banyak dilakukan pada peme­rintahan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga : Virtual Police Kirim Peringatan ke 336 Akun Selama Ramadan, Terbanyak di Facebook

“Ini sebagaimana Presiden (Jokowi) menginstruksikan kementerian dan lembaga untuk perluasan wilayah bebas korupsi dan pelayanan publik,” ujar Yuddy di Kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa (29/3).

Menurut Yuddy, di akhir pemerintahan SBY, baru ada 4 kementerian yang men­canangkan zona integritas. Namun, untuk saat ini, dari 34 kemen­terian hanya tinggal 4 kementerian yang belum melakukan pencanangan.

Baca Juga : Potensi Gempa dan Tsunami di Barat Daya Sumbar, Ini Penjelasan BNPB

Sementara untuk lembaga negara, di awal pemerintahan baru ada 4 lembaga yang mencanangkan. Namun, saat ini semua lembaga negara telah melakukan penca­nangan. Untuk provinsi, di awal peme­rintahan Jokowi, baru ada 3 provinsi yang mencanangkan. Saat ini, jumlahnya bertam­bah menjadi 23 provinsi yang sudah men­canang­kan.

Untuk kabupaten/kota, jika pada peme­rintahan sebelumnya baru ada 3 daerah yang mencanangkan, saat ini 277 daerah mengi­kuti. Menurut Yuddy, pencanangan zona integritas adalah salah satu bukti komitmen konkret Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk membangun wilayah bebas korupsi di instansi pemerintahan.

Yuddy mengatakan, setidaknya ada 6 hal yang perlu dilakukan seluruh instansi pemerintah. Pertama, mengubah me­kanisme kerja dengan meningkatkan efi­siensi, perbaikan manajemen internal dan sumber daya manusia yang transparan dan akuntabel.

Selain itu, meningkatkan kapasitas pemimpin dan pegawai, mengefektifkan pengawasan, serta meningkatkan pelayanan publik. (h/kcm)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]