Jangan Hanya Rapat

Jokowi Minta LRT Segera Direalisasikan


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:26:50 WIB

JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta, agar transportasi massa light rail transit (LRT) segera dikerjakan. Jokowi tak ingin lagi ada rapat namun proyek belum mulai direalisasikan.

“Ini sudah rapat yang ke-5 untuk LRT, jangan ada tambahan rapat lagi. Harus­nya sore hari ini sudah ram­pung semua. Kita ingin mem­­percepat pem­ba­ngu­nan LRT baik di Jakarta di Jabodetabek di Palembang maupun Bandung Raya,” kata Presiden Jokowi dalam Rapat Kabinet Terbatas mengenai LRT di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/3).

Presiden Jokowi berha­rap, pembangunan LRT ini bisa diselesaikan tepat wak­tu sehingga bisa terkoneksi dengan moda transportasi lainnya untuk meng­hubung­kan sejumlah lokasi yang sudah dipetakan.

Dia menginginkan LRT baik di Palembang, Bandung dan Jabodetabek terkoneksi dengan bandara dan moda transportasi lain seperti Transjakarta, commuter line maupun kereta cepat Jakar­ta-Bandung.

“Yang Jabodetabek su­dah dimulai. Jakartanya belum. Saya nanti mohon laporan dari Gubernur (Ba­suki Tjahja Purnama). Pa­lem­bang juga sudah dimulai dan juga yang berkaitan dengan kereta api cepat Jakarta-Bandung, sudah dimulai,” jelas Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga hadir dalam rapat tersebut.

Presiden mengatakan, dari data yang diterimanya, negara kehilangan triliunan rupiah dalam satu tahun akibat kemacetan. Oleh karena itu LRT diharapkan bisa menjadi solusi.

“Di Bandung plus ke Jakarta kita kehilangan Rp7 triliun karena kemacetan. Inilah yang ingin kita sele­sai­kan. Tiap tahun secara hitungan makro kita kehi­langan kurang lebih Rp35 triliun,” jelasnya.

Jokowi berharap, LRT dan masalahnya seperti spe­si­fikasi teknis, masalah biaya dan sumber daya peng­ge­rak­nya hingga perizinan bisa diselesaikan seluruhnya. (h/vvn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]