LAZ Semen Padang Bangun Rumah Warga Tak Mampu


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:32:02 WIB
LAZ Semen Padang Bangun Rumah Warga Tak Mampu Pengurus LAZ Semen Padang yang didampingi pejabat Kelurahan Parak Laweh, menyerahkan kunci rumah kepada Agusman, warga tak mampu, Selasa (29/3). LAZ Semen Padang membangunkan rumah bagi warga tak mampu melalui Program Peduli Hunian LAZ Semen Padang.

PADANG, HALUAN — Agusman (58), warga Kelurahan Parak Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, pernah bermimpi memiliki sebuah rumah. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pengumpul barang bekas ini akhirnya dapat mewujudkan mimpi yang terus ia harapkan terwujud sejak 22 tahun silam.

Sebuah rumah yang dapat menampung Agusman ber­sama istrinya, Zubaidah, dan dua orang anaknya, berdiri di sebidang tanah di kawasan perumahan Parak Laweh. Sebelumnya, ia dan keluar­ganya tinggal di pondok tak layak huni, di sebuah bidang tanah yang dikontrakannya dengan biaya Rp500 ribu per tahun.

Baca Juga : BNI Pastikan Tak PHK Karyawan Meski 96 Kantor Cabang Ditutup

Meski tidur di tempat yang tak layak huni tersebut, Agusman tak pernah patah semangat dengan segala keku­rangannya.

Sedikit demi sedikit rece­han Agusman kumpulkan untuk membeli sebidang ta­nah tak jauh dari pondok yang ditempatinya, dengan hara­pan suatu saat dapat men­dirikan rumah meski tak tahu kapan akan terwujud. Selain itu terus bekerja dan berdoa, ia juga sempat mendatangi Lembaga Amil Zakat PT Semen Padang untuk me­minta bantuan.

Baca Juga : Harga Emas di Pegadaian Jeblok 1% di Lebaran Hari Kedua

Tak lama setelah itu, LAZ Semen Padang meninjau tem­pat tinggal Agusman. LAZ Semen Padang mendirikan sebuah rumah untuk Agus­man. Rumah itu langsung dilengkapi dengan listrik dan air PDAM.

Rasa haru tak terhingga dirasakan keluarga ini ketika penyerahan kunci rumah pada Selasa (29/3), oleh pe­ngurus LAZ Semen Padang yang didampingi pejabat Ke­lu­rahan Parak Laweh. Agus­man bersyukur karena hara­pannya untuk memiliki ru­mah akhirnya terwujud.

Pimpinan LAZ Semen Padang, Muhammad Arif mengatakan, LAZ Semen Pa­dang telah mendapatkan data rumah untuk direnovasi sejak November 2015. Setelah di­tinjau, keluarga Agusman sangat layak untuk dibantu karena melihat kondisi tem­pat tinggalnya yang sangat memprihatinkan.

Dalam penyaluran ban­tuan tersebut, LAZ Semen Padang tak menyerahkan uang tunai, tapi berupa bahan untuk membangun rumah de­ngan kualitas yang baik. Pem­bangunan rumah diker­jakan oleh keluarga Agusman yang dibantu warga setempat. “To­tal biaya untuk pem­bangunan rumah Pak Agus­man senilai Rp 40 juta,” ujar Arif.

Pengurus LAZ Semen Padang, Nasrun mengatakan, LAZ Semen Padang me­mili­ki program untuk mem­per­baiki, merenovasi, dan mem­bedah hunian bagi mustahiq yang huniannya tidak layak. Program bantuan zakat ini dinamakan “Peduli Hunian LAZ Semen Padang” (PH LAZ SP).

Ia menjelaskan, Program Peduli Hunian LAZ Semen Padang telah berjalan selama 21 tahun. Pada 2015 seba­nyak 206 hunian mustahiq diperbaiki, direnovasi dan dibedah oleh LAZ Semen Padang. Penyaluran bantuan zakat meliputi daerah kon­sen­trasi dan non-konsentrasi.

Daerah konsentrasi ban­tuan zakat sebanyak 116 hu­nian mustahiq, daerah non-konsentrasi 88 hunian mus­tahiq, dan 2 bedah hunian mustahiq. Total dana zakat yang disalurkan untuk Pro­gram Peduli Hunian LAZ Semen Padang sekitar Rp1,5 miliar untuk 206 mustahiq pada 2015.

Arif menambahkan, pada 2016, program tersebut akan menyasar 270 mustahiq. Se­be­lum bantuan itu disalurkan, LAZ Semen Padang akan menyurvei persyaratan pene­rima, yaitu fakir miskin, usia penerima 45 tahun ke atas, memiliki anak perempuan yang sudah baligh dan me­miliki tanah sendiri. (h/rel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]