Dengan Dana Desa dan Swadaya

Masyarakat Bangun Jalan dan Irigasi


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:45:43 WIB
Masyarakat Bangun Jalan dan Irigasi Memanfaatkan Dana Desa dan swadaya, masyarakat Gunung Bungkuak kecamatan IV Jurai Pessel membangun jaringan irigasi untuk peningkatan hasil produksi pertanian. (M JONI)

PAINAN, HALUAN — Masyarakat Gunung Bungkuak, Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, sukses membangun jalan usaha tani dan jalan baru total sepanjang 1100 meter yang dapat ditempuh kendaraan. Pembangunannya dengan Dana Desa Rp 110 juta ditambah swadaya masyarakat.

Walinagari Gunung Bung­­kuk Aidil Khatib Mang­­kudun, Senin (28/3) menjelaskan ,jalan baru tersebut sudah lama di­dambakan oleh masyarakat untuk kelancaran hubungan dengan nagari tetatangga. Terutama untuk trans­por­tasi angkutan hasil bumi dari kampung Gunung Bungkuk menuju Koto Ranggo.

“Ada­nya jalan tersebut meri­ngankan beban ma­syarakat dalam menekan biaya trans­portasi karena masyarakat sudah dapat menggunakan kendaraan sebagai alat ang­kutan,” ungkapnya.

Menurut Aidil, selain pembangunan sarana per­hu­bu­ngan, masyarakat juga te­lah berhasil membangun ja­ringan irigasi dan pem­bua­tan parit miring yang mam­pu mengairi sawah ma­sya­rakat sekitar 80 hek­tar. Plaksanaan pemba­ngu­nan­nya juga memafaatkan Dana Desa sebesar Rp105 juta dan swadaya masya­rakat.

Pembangunan jaringan irigasi tersebut dimaksud untuk meningkatan hasil pertanian masyarakat.

Keterbatasan jaringan irigasi selama ini membuat hasil pertanian tidak mak­simal. (h/mjn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]