Tiap Tahun Produksi Ikan Konsumsi Limapuluh Kota Meningkat


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:48:21 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN  —  Produksi berbagai jenis ikan konsumsi di Kabupaten Limapuluh Kota, setiap tahun terus meningkat. Baik pembesaran di kolam, perairan umum maupun mina padi. Karena di sebagian nagari pembudidaya ikan adalah sebagai mata pencarian andalan bagi mereka.

Berdasarkan data BPS, tahun 2014 produksi ikan konsumsi di Kabupaten Li­mapuluh Kota, mencapai 42.­238,22 ton, meningkat dari 37.000 ton dibanding dengan tahun 2013. Peningkatan itu terjadi karena petani pem­budiaya ikan semakin pro­fesional dalam mengelola budidaya ikan konsumsi.

Produksi ikan konsumsi daerah ini selalu tersedia di pasar pasar tradisional nagari, maupun kecamatan di Ka­bupaten Limapuluh Kota dan pasar tradisional Ibuh Paya­kumbuh. Sebab ikan kon­sumsi termasuk salah satu produk ketahanan pangan, disamping padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, daging dan telur.

Pantauan Haluan ke pasar Mungka, Selasa (29/3) ke­marin menunjukkan, harga ikan konsumsi berbagai jenis cukup tinggi, misalnya harga ikan nila seberat 2 ekor per kg dijual pedagang Rp30 ribu per kg. Ikan nila ukuran kecil Rp20 ribu per kg, mas rayo ukuran besar Rp30.000 per kg, mas/rayo ukuran sedang Rp26 hingga Rp28.000 per kg, ikan gurami Rp34 ribu per kg dan lele Rp20 ribu per kg.

Salah seorang pengunjung pasar tradisional Mungka, Nurlaili yang ditanya seputar harga ikan mengakui, harga ikan konsumsi sedikit naik, namun belum snigtivikan. “Harga ikan konsumsi diha­rapkan berlaku standar saja, jangan begitu mahal, sehingga tidak terjangkau oleh kon­sumen. Ikan salah satu kebu­tuhan alternatif jika harga daging melonjak,” sebutnya.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Limapuluh Kota, Gus­dian Laura yang dihu­bungi di ruang kerjanya, Sela­sa kemarin mengung­kapkan, ikan merupakan sumber pro­tein yang menyehatkan dan diharapkan dapat membuat generasi lebih pintar, sebab ia mengandung omega 3 dan DHA yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak. Nutrisi yang ada pada ikan sangat baik untuk anak-anak, teru­tama usia balita.

Ketahanan pangan disek­tor ikan cukup singtivikan, telah mampu memenuhi ke­bu­tuhan konsumen khususnya di Kabupaten Limapuluh Ko­ta. Lagi pula produksi di sektor ini terus meningkat. Dari luas area perairan, se­perti kolam, sawah dan per­airan umum mencapai 392,45 kektare, bias menghasilkan ikan konsumsi seberat 42.­238,­22 ton per tahun, ulasnya.

Kepala Dinas Perikanan setempat, Refilza menyebut, setiap tahun produksi ikan berbagai jenis terus me­ning­kat, rata rata tambahan pro­duksi seberat 4 ribu hingga 5 ribu ton setiap tahunnya. Karena sudah banyak jenis usaha rakyat yang tergabung dalam kelompok disejumlah kecamatan sudah dikelola dengan baik dan benar.

Selain produksi terus me­ningkat, bahkan  Pokdakan ada yang meraih prestasi, seperti usaha ikan perairan umum di Pangkalan, juga pengelola ikan gurami di Mungo menjadi yang terbaik dalam berbagai aspek. Tak hanya itu, pening­ka­tanproduksi juga berasal dari panen ikan mina padi (melepas ikan bersama padi) serta panen ikan perairan umum lainnya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]