DPU Solsel Putus Kontrak PT STU


Rabu, 30 Maret 2016 - 03:49:07 WIB

SOLSEL, HALUAN —  Di­nas Pekerjaan Umum (PU) Solok Selatan (Solsel) me­mutus kontrak PT.Sumber Tratindo Utama (PT.STU) karena melaksanakan pem­bangunan di bawah 30 per­sen, sedangkan masa target pengerjaan infrastruktur jalan Sangir Batang Hari-Sangir Balai Janggo itu sudah berakhir.

Pihak dinas PU sudah berupaya mendorong untuk mengerjakan kegiatan fisik infrastruktur tersebut, na­mun tidak ada inisiatif dari pihak kontraktor. Sehingga terpaksa kontrak diputus. Dari total anggaran pagu dana sekitar Rp.18 miliar ditenderkan kepada pe­ru­sahaan tersebut sampai hot­mix. Namun,, tidak di­ker­jakan setelah uang muka 20 persen mereka terima. “Ba­ru PT.STU yang kita putus kontrak tahun 2015, akibat melaksanakan pe­kerjaan dibawah 30 per­sen,”jelas Kepala Dinas PU Solsel, Asmi B. “Proyek se­nilai Rp.18 miliar yang meng­hubungkan jalan Lubuak Malako-Sungai Sungakai pada 2015 hanya terealisasi 29 persen oleh pihak reka­nan dan berimbas pemu­tusan kontrak sehingga pe­ru­s­ahaan tersebut dima­suk­kan daftar hitam na­sio­nal,”katanya.

Akibatnya, pada 2016 kembali dianggarkan Rp14 miliar. Untuk itu katanya, dialokasikan dana yang bekerjasama dengan kon­sultan pengawas agar pem­bangunan lebih ter­jamin serta kualitasnya lebih baik. “Konsultan pengawas tidak hanya diberikan untuk pro­yek dengan nilai besar te­tapi juga yang tergolong kecil dan setiap konsultan pe­ngawas ditempatkan ma­sing-masing keca­ma­tan,” tambahnya.

Sementara, Kepala Bi­dang Bina Marga Dinas PU Solsel, Hanif Rasimon men­jelaskan, pihaknya su­dah berkali-kali menegur. Se­cara lisan dan tulisan, tapi pi­hak PT.STU tidak me­ngin­dahkan. Sehingga me­nga­kibatkan pembangunan fisik di Kecamatan Sangir Batang Hari dan Sangir Balai Jang­go terbengkalai. “Sudah ditegur, tapi tak juga diker­jakan. Yang rugi adalah masyarakat ulah perangai pihak kontraktor,”sebutnya. Sedangkan perusahaan su­dah sudah PHO sudah capai 80 persen, tahun 2014 lalu terjadi putus kontrak dan blacklist perusahaan nakal di Solsel yakni PT. Bungo Pantai.(h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 Maret 2016 - 04:20:44 WIB

    DPU Solsel Maksimalkan Pengawasan Proyek

    SOLSEL,HALUAN — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solok Selatan berupaya memaksimalkan pengawasan terhadap proyek pembangunan infrasturktur di daerah itu. Mengingat, pengalaman pada tahun 2015 masih adanya pengerjaan proyek yang .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]