Fly Over Disiapkan Untuk Perlintasan KA


Rabu, 30 Maret 2016 - 04:11:30 WIB

PADANG, HALUAN — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional II Sumbar mencatat saat ini perlintasan Ke­reta Api (KA) dari Ban­dara Internasional Mi­nangkabau  BIM ke Stasiun Pa­dang hanya terdapat 12 per­lintasan resmi yang di­ja­ga oleh petugas, dan ter­dapat 141 perlintasan liar.

Menanggapi kondisi ini Pemprov Sumbar beren­cana akan mengkaji pem­bangunan fly over di 12 titik perlintasan KA tersebut. Hal ini untuk memberikan rasa aman kepada pengguna jalan lainnya.

“Untuk meningkatkan keamanan maka nantinya akan dibuat kolektor jalan disepanjang jalur KA dan kalau bisa akan dikaji kem­bali untuk  pembangunan fly over di 12 titik per­lin­tasan KA tersebut,” ungkap Gubernur, Irwan Prayitno saat memimpin rapat kesia­pan operasi Kereta Api (KA) untuk (BIM), Lubuk Alung dan ke Kayu Tanam di Gubernuran Sumbar Se­nin, (28/3) kemarin.

Dalam rapat singkat ini Gubernur mengatakan per­lu koordinasi, sinergi dalam be­kerja untuk me­ngem­bang­kan perkeretaapian di Sum­bar. Meskipun proyek ini didanai oleh APBN tetapi tetap mesti menyelesaikan masalah yang ada, seperti masalah lahan.

Dikatakan Irwan, untuk KA dari Stasiun Simpang Haru, Padang menuju Ban­dara Internasional Mi­nang­kabau (BIM) akan selesai pada bulan Agustus dan akan memakai KA railbuss. “Se­mentara KA dari Lubuk Alung ke Kayu Tanam diperkirakan akan selesai pada bulan Mei mendatang,” katanya.

Pada tanggal 11 April men­datang Pemprov Sum­bar akan kembali rapat mem­bahas pe­ngem­bangan pem­ba­ngun­an KA dari Pa­dang Panjang ke Bukittinggi, Bu­kittinggi ke Payakumbuh, Payakumbuh ke Sawahlunto, dan Sawalunto ke Sijunjung. “Tahun depan akan di­rencanakan pengem­bangan jalur KA dari Stasiun Simpang Haru ke Pulo Air,” ujar Irwan. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Januari 2016 - 02:39:57 WIB
    Urai Macet di ‘Pintu Masuk’ Padang

    Dishub Usulkan Pembangunan Fly Over

    PADANG, HALUAN — Ke­macetan di Kota Padang kian hari, kian parah. Apa­lagi jelang pintu masuk ke ibukota provinsi ini yang kebetulan juga terdapat pasar rakyat di sekitarnya. Sebut saja misalnya, pintu masuk di bagian tim.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]