Tersangka Sabu

Oknum Anggota DPRD Dipindahkan ke Rutan


Rabu, 30 Maret 2016 - 04:20:02 WIB

PASAMAN, HALUAN — Oknum ang­gota DPRD Pasaman inisial Sy, dari Fraksi Partai Demokrat bersama dua rekannya, tersangka kasus penyalahguna narkotika jenis sabu dipindahkan dari sel Polres Pasaman ke rumah tahanan Lubuk Sikaping, Selasa (29/3).

Dititipkannya Sy ke Rutan Lubuk­sikaping karena kasus sudah P21 (hasil penyidikan sudah lengkap), sekaligus dilakukan penyerahan tersangka ber­serta barang bukti. Kini, Sy dan dua rekannya Ed dan Je adalah tahanan jaksa.

Terlihat Sy dengan dua orang teman­nya, dipindahkan dari sel tahanan Polres Pasaman dititipkan ke rumah tahanan (rutan) Lubuksikaping. Sy menggunakan rompi tahanan berwarna orange.

“Ketiga tersangka diproses dalam tiga berkas berbeda. Namun pasal yang dikenakan sama, yakni  pasal 112 UU No 35 tahun 2009 KUHP tentang memiliki, me­nyimpan, menguasai, menye­diakan narkotika golongan I secara melawan hukum yang diancam dengan ancaman huku­man penjara minimal 4 tahun, maksimal 12 tahun, subsider pasal 132, jo 127, jo pasal 54,” kata Kasipidum Kajari Lubuk Sikaping, Jovan K. Waruwu, Selasa (29/3) kemarin.

Dijelaskan Jovan, pihaknya bakal mempersiapkan dakwaan untuk diproses ke meja hijau Pengadilan Negeri Lubuk Sika­ping. “Dengan dilimpahkannya berkas oleh penyidik Polres Pasaman, maka mulai hari ini, para tersangka resmi jadi tahanan jaksa. Sesuai aturan, kami bakal mempersiapkan dakwaan dan berkas lainnya untuk segera disidangkan ke pengadilan dalam tempo 20 hari,” kata Jovan.

Ketua DPRD Pasaman Yasri menyebutkan, perihal telah dise­rahkannya kasus oknum DPRD Pasaman inisial Sy ke kejaksaan, katanya tidak ada yang bisa dilakukan oleh lembaga itu, termasuk bantuan hukum atau menyewa pengacara karena tidak ada anggaran tersebut di DPRD. Demikian juga dengan status Sy di DPRD, pihaknya belum men­dapatkan surat dari fraksi atau partai democrat apakah yang bersangkutan akan dilakukan pergantian antar waktu (PAW). “Kalau dari kita selaku lembaga legislative sepanjang tidak ada usulan dari partai, maka kita menunggu putusan yang inkrah dari pengadilan untuk meminta usulan PAW kepada partai yang bersangkutan,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pasaman Ir­wan Arifin menyebutkan, terkait sudah dilimpahkannya kasus Sy ke kejaksaan, dia baru men­dapatkan informasi. Kemung­kinan tindakan yang akan dila­kukan oleh Partai Demokrat, koordinasi pimpinan partai. “Saya akan koordinasi dulu dengan pimpinan partai, apakah tindakan partai yang akan di­ambil dalam kasus Sy ini,” tegasnya.

Sy dan dua rekannya ditang­kap polisi usai pesta shabu, di rumah orang tua Sy yang berada di jalan Tuanku Tuo, No. 8, Nagari Pauah, Kecamatan Lubuk Sika­ping pada Selasa (5/1) sekitar pukul 09.00 WIB lampau. Sete­lah dilakukan pengecekan urine di RSUD Lubuk Sikaping, mere­ka positif narkoba. (h/col).

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]