Disparekraf Sumbar Gelar Workshop dan Lomba Film Animasi


Rabu, 30 Maret 2016 - 15:10:47 WIB

PADANG, HALUAN — Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) akan menggelar workshop dan lomba film animasi. Diharapkan melalui lomba ini akan menghasilkan animator handal dari Sumbar.

Kepala Disparekraf Sumbar Burhasman mengatakan, lomba animasi ini akan dikemas sebaik mungkin sehinga nantinya lahir animator terbaik. Hal ini juga untuk membendung budaya asing ke Sumbar. “Melalui lomba ini kita akan tanamkan budaya Mi­nangkabau melalui karakter yang dibuat. Hal ini guna m­e­nye­la­matkan anak-anak dan generasi muda dari pengaruh dan budaya film asing,” katanya.

Generasi muda dituntut harus melek dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dibidang informasi. Upaya melek teknologi ini akan disalurkan dalam bentuk proses kreatif film animasi. Me­lalui animasi ini selain dapat menyalurkan hobi serta sebagai sarana edukasi. “Karakter animasi yang diciptakan dapat menjunjung tinggi nilai budaya, kearifan lokal, nasionalisme untuk menghasilkan animasi terbaik dari animator yang berkarakter,” ungkapnya.

Animasi salah satu subsektor industri kreatif sesuai dengan perpres Nomor 72 Tahun 2015 tentang perubahan atas Perpres Nomor 6 Tahun 2015 tentang badan Ekonomi kreatif yang telah mengklarifikasi ulang sub sektor industri kreatif dari 15 subsektor menjadi 16 subsektor, di­an­taranya, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film, animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, fashion. Aplikasi dan game developer, penerbitan, periklanan, televise dan radio. Seni pertunjukan dan seni rupa sangat potensial untuk dikembangkan.

Kepala Bidang (Kabid) Pe­ngembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media dan Iptek, Apri­mas menuturkan, acara workshop dan lomba film animasi diadakan dari Senin, (28/3) sampai Rabu, (30/3) Maret di Hotel Hayam Wuruk Padang. Ini merupakan lanjutan kegiatan dari tahun 2015 kemaren. “Tujuanya untuk pe­ngembangan ekonomi kreatif para generasi muda di bidang ko­munikasi informasi khususnya dibidang film animasi. Diha­rap­kan akan menghasilkan animator-animator terbaik untuk membuat animasi terbaik pula, khususnya dalam meangkat nilai,budaya, artistik adat dan budaya minang,” ungkapnya.

Seluruh peserta diberikan coaching, agar para peserta dapat menimba ilmu dari nara sumber ahli dibidang desain dan animasi seperti, Hari Santosa S Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI, Ardian Elkana, Ketua AINAKI dan Taufik Gusman. “Dengan mendatangkan pemateri hebat, tentunya kita berharap peserta mendapatkan ilmu yang terbaik pula, “ kata Aprimas kemarin. (h/isr)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 01:40:12 WIB

    Disparekraf Sumbar Tak Kreativitas dan Inovatif

    PADANG, HALUAN — Dari laporan yang masuk ke DPRD Sumbar, serapan anggaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi (Disparekraf) Sumbar tahun 2014 lalu mencapai 90 persen. Kendati demikian, tingginya serapan anggaran .
  • Senin, 30 Maret 2015 - 19:39:54 WIB

    Jelang TDS, Disparekraf Diminta Tingkatkan Koordinasi

    PADANG, HALUAN — Jelang helat Tour de Sing­karak (TdS), Juni mendatang, DPRD Sumbar meminta dinas terkait, yakni Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Disparekraf) Sumbar untuk segera mempersiapkan diri, salah satunya be.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]