Tak Disertai RKA

Jembatan Siak IV Ditolak


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:40:38 WIB

PEKANBARU, HALUAN—Plt Sekdaprov Riau, M Yafiz, mengungkapkan, pihaknya tidak bisa memasukkan anggaran pembangunan Jem­batan Siak IV dalam APBD Riau 2016. Hal itu disebabkan Dinas Bina Marga memasukkan anggaran tersebut dalam bentuk gelon­dongan, tanpa disertai Rencana Kerja Ang­garan (RKA).

Tak Disertai Karena ma­suk­nya secara gelondongan, Badan Perencanaan Pem­bangunan Daerah (Bap­peda) Riau, terpaksa mem­batalkannya, karena tidak sesuai dengan peraturan. Buntutnya, anggaran sebe­sar Rp110 miliar tersebut tidak bisa masuk dalam APBD murni 2016.

“Bagaimana kita mau memasukkanya, perin­ci­annya tidak ada. Mereka mengatakan ada ang­garan­nya, tapi kita minta rinci­annya RKA-nya, tidak ada diserahkan. Kita tidak me­no­laknya tapi tidak kita anggarkan. Karena ang­garannya gelondongan, ya tidak bisa lah,” ujarnya, Selasa (29/3).

Dijelaskan Yafiz, pihak­nya tidak bisa memasukkan anggaran jika Detail Engi­nering Disign (DED) tidak disiapakan Binamarga. Un­tuk itu ia meminta agar Binamarga menyiapkan se­cara rinci apa-apa yang di­butuhkan.

“Kan perlu ada gam­barannya, berapa semennya, berapa besinya dan yang lainnya, berikut harganya. Ini yang tidak ada diajukan mereka. Kalau sudah ada rinciannya, bisa saja dima­sukkan di APBD Perubahan ini,” ungkap Yafiz.

Diajukan Lagi Semen­tara itu, Kepala Dinas Bina Marga Riau, Syafril Tamun, mengakui pihaknya tidak ada merincikan apa saja yang akan dibutuhkan da­lam kelanjutan pemba­ngu­nan Jembatan Siak IV terse­but. Ketika itu, pihaknya hanya mengajukan angga­ran dari perhitungan teknis saja yakni sebesar Rp110 miliar.

“Taksiran kami sebagai orang teknis, sudah meng­hitungnya. Karena tak ada dasarnya, jadi tidak diterima Bappeda, jadi dicarikan solusinya harus dihitung oleh orang konsultan inde­penden. Sekarang sudah kami jalani,” ujar Syafril Tamun.

Langkah selanjutnya ka­ta Tamun, pihaknya telah me­lak­sanakan apa yang di­minta oleh Bappeda, de­ngan merinci semua RKA-nya, bahkan sudah ada MoU de­ngan pihak pengerja dan hasil MoU telah di berikan ke­pada Dewan pada pekan lalu.

Direncanakan pada per­tengahan April ini akan dilakukan ekspose rencana kelanjutan Pembangunan Jembatan Siak IV dengan DED-nya.

“Jadi itulah dasar untuk pengusulan kelanjutan pem­bangunannya. Dimana kita akan memasukkan ang­ga­ran­nya pada APBD Peru­bahan 2016 ini. Kita juga koordinasi dengan kon­sulta­nnya dan hasilnya kurang lebih anggarannya sama dengan apa yang kami sam­paikan, Rp110 miliar juga,” katanya.

Secara konstruksi pem­bangunannya, kata Tamun, akan dilaksanakan dengan sistem multiyears. Penger­jaannya telah dikon­sulta­sikan dengan Kementerian PU, sesuai permintaan dari LKPP.  (nur)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 16:21:50 WIB

    Jembatan Kabel Stayed Sungai Dareh Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan

    Jembatan Kabel Stayed Sungai Dareh Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kemolekan arsitektur jembatan kabel kebanggaan Dharmasraya yang berdiri kokoh di sungai dareh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar daerah, memasuki liburan akhir pekan menjadi tem.
  • Jumat, 29 April 2016 - 03:32:53 WIB

    Tiga Jembatan Lagi Dibangun di Moro

    KARIMUN, HALUAN—Setelah sukses mem­bangun jembatan Moro-Pauh yang menghu­bungkan Pulau Sugie Kecil (Moro) dengan Pulau Pauh di Kecamatan Moro dengan panjang 464,75 meter yang diresmikan Plt Gubernur Kepri Nur­din Basirun.
  • Senin, 25 April 2016 - 03:05:30 WIB

    Jembatan Terpanjang Karimun Diresmikan

    Jembatan Terpanjang Karimun Diresmikan KARIMUN, HALUAN —Jembatan terpanjang di Ka­rimun yang menghu­bung­kan Pulau Pauh-Moro di Kecamatan Moro akhirnya diresmikan Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Pe­res­mian itu ditandai dengan pengguntingan pita, Jumat .
  • Sabtu, 19 Maret 2016 - 03:47:43 WIB

    Jembatan Kuntodarussalam Tak Kunjung Dibangun

    PENGARAIAN, HALUAN — Sejak ambruk diterjang banjir pada Senin 8 Februari 2016 lalu, tiga jembatan yang menghubungkan antara desa dan kecamatan di Kecamatan Kuntodarussalam, hingga saat ini tak kunjung dibangun. Akibatnya, s.
  • Senin, 26 Januari 2015 - 19:01:04 WIB

    Jembatan Siak III Layak Digunakan

    AUDIT SIAK IV TUNTAS

    PEKANBARU, HALUAN — Setelah hampir sebulan pascauji beban, Pusat Studi Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum akhirnya menyatakan Jembatan Siak III la.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]