BPM Pasbar Gelar Pelatihan Aparatur Nagari


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:41:37 WIB

PASBAR, HALUAN — Dalam rangka upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan walinagari, camat, aparatur nagari dan aparatur kecamatan dalam pengelolaan Alokasi Dana Nagari (ADN) tahun 2016, Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Pasaman Barat menggelar pelatihan kapasitas aparatur nagari dan kecamatan baru-baru ini di Kota Padang.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Asisten III, Ramli tersebut merupakan bentuk dan upaya Pemerintah Daerah tingkat kabu­paten kepada walinagari atau pemerintahan nagari serta kecamatan, untuk menyongsong pengelolaan ADN Pasaman Barat yang rata-rata diatas RP 4 miliar pernagari.

“Agar nantinya, pengelolaan keuangan nagari terlaksana dengan baik. Baik secara realisasi maupun secara administrasi pertanggung jawaban. Kita tidak ingin nanti, ada walinagari yang tersangkut hukum karena pengelolaan ADN ini yang tidak bagus,” kata Kepala BPM Pasaman Barat, Asmayulis.

Katanya, sangat penting diberikan pembekalan dan pengetahuan kepada para walinagari beserta perangkat nagari. Sebab, Pemda manaruh harapan besar terhadap pemerintahan nagari sebagai ujung tombak pembangunan Pasaman Barat kedepan.

Sebab, hingga saat ini kesenjangan sosial  masih menjadi permasalahan bangsa indonesia sebagian besar di rasakan oleh masyarakat Nagari. “Oleh sebab itu se­karang kita berada dalam barisan gerakan memajukan Nagari dengan mengacu ke­pada undang – undang No.6 Tahun 2014 tentang desa,” kata Asmayulis, SE. 

Dalam kontek desa kita mempunyai tanggung jawab melaksanakan amanat UU desa dalam rangka meningkatkan kesejah­teraan masyarakat desa dan berkualitas hidup manusia serta penagulangan kemis­kinan melalui penyedianan pemenuhan kebutuhan dasar,pembanguann saradan prasarana pembangunan potensi ekonomi lokal antar desa dan kota melalui pembangunan kawasan pedesaan. (h/dka)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]