Harga Karet Turun

Petani Mulai Beralih ke Tanaman Sawit


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:42:51 WIB

PASBAR, HALUAN — Kehidupan para petani karet di Pasaman Barat (Pasbar) mulai tidak teratur. Akibat turunnya harga jual karet beberapa tahun ini membuat petani mengeluh bahkan beberapa diantara mereka rela menukar ta­naman karetnya ke jenis lainnya.

Saat ini harga karet ha­nya Rp6.000, padahal se­belumnya harga karet ber­kisar antara Rp.8.000 sam­pai Rp10.000 per kilog­ramnya,” kata Rangga Wa­sita, salah seorang petani karet kepada Haluan Senin (28/3).

“Sejak turun hinga Rp­4.000 per kilogramnya, saya langsung menukar tanaman karet saya dengan sawit. Ka­rena saat ini hasil per­kebunan kelapa sawit, pala­wija, jagung dan nilam lebih mengun­tungkan diban­ding­kan dengan hasil karet,” katanya.

Semoga ini adalah awal yang baik dengan naiknya harga karet dari yang du­lunya hanya bertahan di harga Rp4.000 perkilonya kini telah naik menjadi Rp.­6.000 perkilonya. Begitu juga dengan pemerintah agar hendaknya lebih mem­perhatikan nasib para petani karet,”harapnya.

Karena menurutnya, har­ga ideal untuk satu kilog­ram getah adalah Rp8.000 sampai Rp10.000 perkilonya seperti di daerah Jambi. Dengan harga demikian tentunya petani bisa sudah bisa hidup sederhana.

Lebih jauh, selama ini, selain rendahnya harga, petani juga mengeluhkan minimnya pengawasan pe­merintah yerhadap peda­gang nakal. “Karena se­jumlah pedagang sering kali mematok harga sepihak dengan dengan alasan ku­alitas getah keret petani, yang tentunya akan mem­buat petani semakin men­derita,” terangnya.

Pantawan haluan dilapa­ngan, akibat dari tidak naik­nya harga karet dipasaran selama ini, para petani me­milih untuk menumbang dan menggannti tanaman karet mereka menjadi ta­naman palawija, jagung dan nilam. Saat ini enam puluh persen masyarakat yang selama ini bekerja sebagai penyadap karet memilih berubah propesi menjadi petani palawija, jagung dan nilam. (h/fad)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 16:48:08 WIB

    Hasil Menurun, Anggota DPRD Sumbar Ini Bakar Semangat Petani di Kabupaten Solok

    Hasil Menurun, Anggota DPRD Sumbar Ini Bakar Semangat Petani di Kabupaten Solok HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi V DPRD Propinsi Sumatera Barat Daswippetra Dt Mjj Alam membakar semangat petani di Kabupaten Solok untuk membudidayakan cengkeh, kopi dan manggis dalam upaya menambah pendapatan rumahtanggany.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 19:18:54 WIB

    Dedi Rahmanto: Sistem Resi Gudang Solusi Bagi Petani Pessel

    Dedi Rahmanto: Sistem Resi Gudang Solusi Bagi Petani Pessel HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi IV DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra mengatakan, mata rantai kehidupan masyarakat Pesisir Selatan mayoritas dari hasil pertanian, maka sudah seharusnya daerah ini mempunyai sistem resi .
  • Senin, 01 Juni 2020 - 12:50:13 WIB

    Harga Cabai di Solok Turun, Petani Mengeluh

    Harga Cabai di Solok Turun, Petani Mengeluh HARIANHALUAN.COM - Petani cabai di Solok terenyuh lantaran harga cabai di tingkat pedagang pengumpul sangat anjlok sekali sejak sebulan terakhir ini. Satu kilogram cabai ini hanya pada kisaran Rp15 ribu sampai Rp18 ribu. Bebe.
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 11:26:23 WIB

    Petani Banuhampu Hasilkan Produksi Padi 12 Ton

    Petani Banuhampu Hasilkan Produksi Padi 12 Ton AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Agam, Indra Catri, mengapresiasi produksi padi organik milik Gapoktan Tumbuh Lestari, Tanjuang Alam, Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu. Apresiasi ini disampaikan saat mengunjungi laha.
  • Senin, 24 Februari 2020 - 14:55:59 WIB

    DKP3 Sawahlunto Dorong Petani Kakao Terapkan Pola Tumpang Sari

    DKP3 Sawahlunto Dorong Petani  Kakao Terapkan Pola Tumpang Sari SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto dorong petani kakao di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, untuk menerapkan pola tumpang sari dengan menanam.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]