Triwulan Pertama

Penerimaan BPHTB DPKAD Lebihi Target


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:48:05 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Pencapaian penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk triwulan pertama tahun 2016 pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bukittingi melebihi target dari yang ditetapkan.

Kepala Bidang PBB dan BPHTB DPKAD Kota Bu­kittinggi, Teddy Hermawan mengatakan, untuk triwulan pertama terhitung Januari-Maret, target penerimaan BPHTB sebesar Rp 1.084.­239.462 atau 15 parsen. Dari target yang ditetapkan itu ternyata peneriamaannya me­le­bihi target dengan realisasi sebesar Rp 1,764,566,386 atau 24.41 persen.

Untuk tahun ini, target penerimaan BPHTB sebesar Rp 7,228,263,078. Target ini jauh meningkat dibanding tahun tahun sebelumnya. Na­mun demikian dari target yang ditetapkan tersebut realisasi penerimaannya selalu me­lebihi target. Seperti tahun 2014 lalu  target BPHTB yang ditetapkan sebesar Rp 4,5 Miliar dan realisasinya men­capai  5,7 Milliar

Begitu juga ditahun 2015 kemarin, dimana target BP­HBT sebesar Rp5 Milliar dan terealisasi 6,1 Milliar. “Me­lihat realisasi penerimaan BPHTB untuk triwulan per­tama yang melebihi target, kita optimis hingga akhir tahun nanti penerimaan BP­HTB  tahun ini bisa mencapai target,” ujar  Teddy, Rabu (30/3)

Menurutnya, terjadinya over target penerimaan BP­HTB di Bukittinggi  dari tahun ketahun disebabkan beberapa faktor seperti faktor pertumbuhan ekonomi, kepa­datan penduduk dan indek kemahalan kontruksi. Target BPHTB yang ditetapkan itu berdasarkan hasil pem­baha­san antara Banggar DPRD dengan TAPD Pemko Bu­kittinggi yang mengacu kepa­da Riset Potensi Daerah (Ris­poda).

“Dengan berlakunya Un­dang-undang Nomor 28 Ta­hun 2009 tentang Pajak Dae­rah dan Restribusi Daerah, maka kita memperoleh per­luasan objek pajak daerah dalam pengelolaannya. Dan Untuk kota Bukittinggi pe­nge­lolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Per­ko­taan (PBB P2) dan BPHTB dimulai pada 1 Januari 2014 lalu,” kata Teddy.

Dirinya menambahkan, peningkatan penerimaan BP­HTB dari tahun ketahun juga tidak terlepas dari upaya kerjasama yang dilakukan dengan notaris dan PPAT. Disamping itu juga berkat sosialisasi melalui melalui media cetak dan eloktronik, melakukan rapat evaluasi dengan pihak notaries dan PPAT dan melakukan ve­rifi­kasi lapangan sebelum dila­kukan validasi. “Untuk penge­lolaan PBB P2 dan BPHTB kita juga menjalin kerjasama dengan Kantor Pajak Pratama (KPP) Kota Bukittinggi,” pungkas Teddy. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Juni 2020 - 10:23:13 WIB

    Penerimaan Baznas di Sawahlunto Capai Rp2 Miliar

    Penerimaan Baznas di Sawahlunto Capai Rp2 Miliar HARIANHALUAN.COM - Terhitung periode Januari hingga Juni 2020, Badan Amin Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sawahlunto telah menyalurkan zakat mencapai Rp2 miliar lebih kepada mustahiq yang berhak menerima di empat Kecamatan di ko.
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 13:57:11 WIB

    Antisipasi Penerimaan Bansos Ganda, Insentif Guru TPQ dan PAUD di Stop

    Antisipasi Penerimaan Bansos Ganda, Insentif Guru TPQ dan PAUD di Stop HARIANHALUAN.COM - Di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat sekitar seribu-an guru mengaji TPQ dan PAUD yang terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos ataupun BLT Provinsi. Untuk kurun waktu 3 bulan ini bansos tersebut dihentikan .
  • Jumat, 12 Mei 2017 - 01:23:00 WIB

    Waspada Penipuan Penerimaan CPNS

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN- Penipuan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai beraksi di Kabupaten Limapuluh Kota. Korban dimintai uang hingga belasan juta rupiah dengan iming-iming segera menjadi CPNS tanpa harus melew.
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 02:55:33 WIB

    Pemko Optimalisasikan Penerimaan Pajak

    PARIAMAN, HALUAN — Pe­me­rintah Kota Pariaman akan terus mengoptimalisasikan pe­nerimaan pajak dari sektor pajak rumah makan dan res­toran berdasarkan bill. Karena sampai saat ini hanya sebagian restoran dan rumah makan.
  • Selasa, 23 Februari 2016 - 02:26:40 WIB

    Penerimaan PKB dan BBNKB Lebihi Target

    SAWAHLUNTO, HALUAN —Realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nomor Kendaraan Bermotor (BBNKB) Samsat Kota Sa­wahlunto tahun 2015, terealisasi melebihi target yang ditentukan.Penerimaan PKB mencapai.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]