Targetkan Adipura

Wako Komit Jadikan Bukittinggi Bersih dan Hijau


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:49:01 WIB
Wako Komit Jadikan Bukittinggi Bersih dan Hijau Walikota Ramlan Nurmatias memberikan Cinderamata kepada Kepala P3E Sumatera, Amral Fery usai temu ramah dan diskusi di Rumah Dinas Walikota Belakang Balok, Selasa (29/3). (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Pusat Pengendalian Pem­bangunan Ekoregion (P3E) Sumatera memberikan du­kungan kepada Walikota Bukittinggi yang memiliki komitmen untuk me­wu­jud­kan Kota Wisata Bukittinggi yang Clean dan Green (Bu­kittinggi bersih dan hijau).

Pasalnya, sebagai kota Destinasi Pariwisata di Sum­bar, kebersihan kota dan penghijauan harus diu­tama­kan salah satunya lewat program Clean and Green. Jika hal ini sudah diwu­judkan maka tidak mustahil penghargaan Adipura akan bersemayan di Bukittinggi

“Untuk mewujudakan itu semua maka dibu­tuh­kan  komitmen dan mo­tivasi yang kuat dari semua stakeholder, masyarakat dan SKPD di lingkungan Pemko Bukittinggi untuk terus be­kerja keras dalam penge­lolaan lingkungan hiup dan kebersihan,” ujar Kepala P3E Sumatera, Amral Fery ketika temu ramah dan dis­kusi dengan Walikota Bu­kittinggi Ramlan Nurmatias di Rumah dinas Walikota Belakang Balok, Selasa (29/3).

Dalam diskusi yang di­ha­diri oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bukittinggi, Supadria, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Bukittinggi Mardison dan sejumlah dinas terkait lain­nya, Amral Feri juga memuji dan memberikan apresiasi terhadap keseriusan Wali­kota terhadap pengelolaan kebersihan Di Bukittinggi.

Menurudnya, meski ba­ru dua bulan menjabat se­laku Walikota, Bukittinggi telah mulai berbenah dari semua aspek, begitu juga dengan kebersihan kota yang sudah mulai nampak. Memang untuk mewu­jud­kan Bukittinggi Bersih dan Hijau itu tidak hanya tang­guing jawab pemerintah saja tapi juga kepedulian dari semua unsure masyarakat.

 ”Semoga ini menjadi awal yang baik bagi ke­pemimpinan wako dan wa­wa­ko kedepan. Apalagi Wa­ko dan Wawako datang dari independen itu berarti selu­ruh masyarakat telah dan siap mendukung. Dengan status sebagai kota Pari­wisata Bukittinggi harus menonjolkan kebersihan, ketertiban dan kenya­ma­nan,” ujar Amral Fery.

Berkaitan dengan peni­laian Adipura  ungkap Fery, akan ada tim verifikasi yang datang ke Bukittinggi secara diam-diam. Tim ini akan melihat langsung perkem­bangan kebersihan dan ke­ter­tiban Bukittinggi tanpa memberitahukan keda­ta­ngan­nya. 

Dalam temu ramah itu Wako Ramlan sempat ber­dialog, bertukar fikiran se­ka­ligus meevaluasi persi­apan Bukittinggi dalam pe­ni­laian Adipura. Serta ba­gaimana Bukittinggi mem­berikan kenyamanan terha­dap para pengunjung de­ngan memaksimalkan per­soalan kebersihan dan kein­dahan Kota.

Ramlan berharap de­ngan niat tulus dan ker­jasama semua elemen, adi­pura untuk 2016 dapat di­raih. Dirinya juga tak me­nampik masih ada beberapa kekurangan dan kelemahan, terutama dikawasan pasar dan terminal. Namun demi­kian ia beserta jajarannya akan tetap berjuang dan bersiaga penuh tiap hari. Terutama meningkatkan kesadaan masyarakat men­jaga lingkungan.

Terpisah Kepala KLH, Mardison yang didampingi Kapala Dinas DKP Su­pa­dria mengatakan, agar piala Adipura  bisa diboyong maka Bukittinggi harus me­raih pasing grade penilaian 75. Untuk itu, kebersihan dan kenyamanan Kota Bu­kittinggi akan terus diper­tahankan meskipun diluar penilaian.

“Meski sudah dilakukan penilaian pada 52 titik pan­tau yang ada di Bukittinggi, Tim Verifikasi akan terus melakukan pemeriksaan tanpa diketahui, jika ada hal yang janggal dan berobah dari penilaian pertama, ma­ka otomatis akan terjadi pengurangan nilai,” jelas Mardison. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]