Dasawisma Batipuah Selatan Dinilai Tim Provinsi


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:50:34 WIB

BATIPUAH SELATAN, HALUAN — Kelompok Dasawisma Melati 1 Jorong Tibalau Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuah Selatan dinilai tim Provinsi Sumatera Barat yang diketuai Ny Wati Nasrul Abit, Rabu (23/3 di kantor jorong setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Batipuh Selatan Ny Dewi Syahril dalam eksposnya di hadapan tim penilai me­ngung­kapkan rasa syukur atas terpilihnya Kelompok Dasawisma Melati 1 Jorong Tibalau sebagai 6 kelompok terbaik di Sumatera Barat.

“Harapan kami dengan da­tang­nya tim penilai memberi ma­sukan dan motivasi kepada kami agar lebih baik dalam menata dan membina kelompok dasawisma, dan jika dipercaya kami siap mewakili Pro­vinsi Sumatera Barat ke tingkat nasional,” ungkap Ny Dewi Syahril.

Lebih lanjut Dewi me­nyam­paikan langkah-langkah yang telah dilakukan terhadap pembinaan kelompok dasawisma yang ber­anggotakan 10-20 rumah ini, di antaranya inventarisasi kelompok dasawisma di setiap nagari, upaya peningkatan keterampilan dan pe­mahaman kelompok melalui so­sialisasi kegiatan 10 program pokok PKK, pembinaan admi­nis­trasi dan melakukan kunjungan lang­sung ke setiap kelompok da­sawisma.

Di Kecamatan Batipuh Selatan, jumlah kelompok dasawisma yang terbentuk sudah memadai. Dari 2.602 rumah yang ada di kecamatan yang berdekatan dengan Danau Singkarak ini sudah terbentuk 163 kelompok dan ini melebihi angka 130 kelompok sebagai patokan minimal.

“Setelah dilakukan pembinaan terhadap 163 kelompok yang ada, kelompok dasawisma Melati 1 Jorong Tibalau cukup menonjol dan berhak mengikuti lomba di tingkat provinsi dan alhamdulillah masuk kategori 6 nominasi kategori kabu­paten,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar diwakili Sekretaris Daerah Hardiman menyambut gembira kegiatan kelompok dasawisma ber­jalan baik di Kabupaten Tanah Datar khususnya di Kecamatan Batipuh Selatan. Melalui kelompok dasawisma di seluruh jorong-jorong sangat membantu program pe­me­rintah untuk peningkatan kesejah­teraan keluarga.

“Pemerintah daerah me­ngapre­siasi dan mengucapkan terimakasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Datar Ny Emy Irdinansyah beserta seluruh jajaran yang dengan serius dan sungguh-sungguh membina kelompok-ke­lom­pok rumah tangga men­in­g­katkan kesejahteraannya,” kata Hardiman.

Hardiman mengharapkan me­lalui kegiatan PKK, upaya penurunan angka kematian bayi dan ibu melahirkan, penanggulangan HIV/AIDS, TBC dan malaria serta penyediaan akses air minum dan sanitasi dasar yang layak bagi ke­luarga dan rumah tangga dapat dicapai.

“Dengan dinilainya kelompok dasawisma Melati 1 Jorong Tibalau ini oleh tim provinsi menjadi tam­bahan motivasi untuk lebih baik lagi dan mendorong kelompok da­sa­wisma lainnya di Kabupaten Tanah Datar berbenah menuju ter­wu­judnya Tanah Datar yang madani,” pungkas Hardiman.

Penilaian lapangan ini turut dihadiri Ketua Tim Penggerak Kabupaten Ny Emy Irdinansyah, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ny Retri Zuldafri Ke­pala Badan Taskin dan PMPKB Hernita. Z, Camat Batipuh Selatan Syahril dan Forkopimda. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]