Sensus Ekonomi Dimulai


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:52:10 WIB
Sensus Ekonomi Dimulai UPACARA pembukaan Sensus Ekonomi di halaman kantor BPS Tanah Datar. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR, HALUAN — Sensus Ekonomi (SE) tahun 2016 secara resmi dibuka Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Bappeda dan PM Nuryeddisman Jumat lalu saat apel bersama.

Apel dihadiri Kepala BPS Tanah Datar Yon Andri, Camat Lima Kaum Yusnen, peserta apel dari ASN BPS Tanah Datar serta petugas pencacah Sensus Ekonomi Kabupaten Tanah Datar yang tersebar pada masing-masing nagari.

Nuryeddisman mengatakan Apel Siaga ini menjadi momentum untuk mem­bang­kitkan awareness dan membangun semangat seluruh jajaran BPS dan bangsa Indonesia.

“Sensus ekonomi merupakan pendataan lengkap seluruh aktivitas ekonomi, kecuali sektor pertanian. Sensus ini akan di­lak­sanakan di seluruh wilayah Indonesia, serta mencapai semua skala usaha dan pelaku usaha,” ujarnya.

Dalam enam pekan ke depan, dia mengatakan, SE 2016  akan memasuki tahap paling penting yakni pencacahan lapangan. BPS sudah berada pada posisi siaga satu.

Nuryeddisman juga mengatakan, data yang dihasilkan dari SE2016 sangat penting dan bermanfaat bukan hanya bagi pe­merintah atau pelaku usaha saja, tapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat.

 Hal ini dika­renakan SE2016 selaras dengan pro­gram Nawacita pemerintah, yaitu me­ningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing internasional.

Sementara itu, Kepala BPS Tanah Datar Yon Andri mengatakan sensus ekonomi akan dilakukan pada 1-31 Mei 2016.

“Kami pegawai BPS, dan para petugas sensus ekonomi 2016 menyatakan kesiapan dalam kesuksesan program nasional sensus ekonomi 2016, kesediaan untuk turut serta untuk mensukseskan kegiatan sensus ekonomi dengan penuh kesungguhan dan kejuruan dalam melaksanakan sensus ekonomi 2016,” kata Yon Andri usai apel siaga tersebut.

Pada apel siaga petugas ditandai juga dengan penyematan pin SE2016, pin  yang merupakan simbol kesiapan kita bersama dalam menyambut SE2016 mendatang dan juga ditandai pelepasan balon ke udara oleh bupati.

Kemudian olahraga jalan santai yang diawali dengan pelepasan langsung oleh Ke­­pala Bappeda dan PM Nuryed­disman di halaman kantor BPS menuju pusat kota Batusangkar dengan berpakain orange dengan membentangkan spanduk bertulisan Mari Sukseskan Sensus Ekonomi 2016. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 20:18:53 WIB

    Sensus Penduduk Online di Mentawai Capai 14 Persen

    MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Sejak pencanangan program sensus penduduk secara online oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 15 Februari 2020 lalu, Masyarakat Kepulauan Mentawai telah mencatat sensus penduduk sedikitnya mencap.
  • Senin, 10 Februari 2020 - 15:42:54 WIB

    Ayo! ASN Jangan Lupa Lakukan Sensus Penduduk

    Ayo! ASN Jangan Lupa Lakukan Sensus Penduduk PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat Hendrajoni diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Erizon mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi pelopor pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) secara man.
  • Kamis, 28 April 2016 - 04:03:12 WIB

    BPS Kerahkan 256 Petugas Sensus Ekonomi

    BUKITTINGGI, HALUAN — Mulai 1 Mei hingga 31 Mei 2016, sebanyak 256 petugas Sensus Ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bukittingi akan diterjunkan kelapangan untuk mendatangi rumah masyarakat guna melakukan pendataan pe.
  • Senin, 18 April 2016 - 03:00:05 WIB

    Walikota: Sukseskan Sensus Ekonomi

    PADANG PANJANG, HALUAN — Walikota Padang Panjang Hendri Arnis berharap sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 dapat membangkitkan kesadaran dan semangat untuk menyukseskan Sensus Ekonomi 2016 di kota Padang Panjang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]