Tes Rudal Iran Menyimpang dari Resolusi PBB


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:54:16 WIB
Tes Rudal Iran Menyimpang dari Resolusi PBB

NEW YORK, HALUAN—Amerika Serikat dan sekutu Eropa mengatakan, pelun­cu­ran rudal berkemampuan nuklir Iran ‘menantang’ resolusi Dewan Keamanan PBB yang mendukung kese­pakatan nuklir bersejarah tahun lalu.

AS dan sekutu Eropa menyatakan hal itu dalam sebuah surat bersama yang dilihat Reuters, pada Selasa (29/3).

Baca Juga : Mengupas Pasukan Pembungkam Aktivis di Saudi, Pembunuh Jamal Khashoggi

Surat pernyataan ber­sa­ma itu dikirimkan AS, Ing­gris Prancis dan Jerman ke ­Duta Besar Spanyol un­tuk PBB Roman Oyarzun Mar­chesi dan Sekjen PBB Ban Ki-moon. Surat menya­takan tes rudal balistik Iran yang mampu berkemam­puan nu­klir tak konsisten dan ber­tentangan resolusi Dewan Keamanan PBB 2231 yang diadopsi Juli lalu.

Surat mengatakan, rudal yang digunakan dalam pe­lun­curan baru-baru ini ber­kemampuan membawa sen­jata nuklir. Mereka juga meminta Dewan membahas respon yang tepat atas kega­galan Teheran untuk meme­nuhi kewajibannya dan men­desak Ban melaporkan bah­wa Iran tak konsisten de­ngan resolusi 2231.

Baca Juga : 10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

Sementara Spanyol te­lah ditugaskan mengko­ordi­na­sikan diskusi Dewan Ke­amanan terkait resolusi tersebut. Menanggapi surat terse­but diplomat Dewan Ke­amanan mengatakan sank­si ba­ru PBB terhadap Iran le­mah. Banyak inter­pretasi am­bigu dalam reso­lusi yang di­adopsi sebagai bagian da­ri kesepakatan nuklir. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]