Gerindra dan PSI Paling Sistematis

Perindo Rajai Aktivitas di Media Sosial


Kamis, 31 Maret 2016 - 03:59:27 WIB
Perindo Rajai Aktivitas di Media Sosial

JAKARTA, HALUAN — Partai Perindo menjadi partai politik dengan aktivitas media sosial tertinggi di antara yang lainnya. Aktivitas partai besutan Hary Tanoe itu di media sosial, mencapai 2.509 kali dalam sehari dan hampir merata di setiap platform.

“Partai seperti Perindo, dengan 2.509 posting per hari itu sangat luar biasa,” ujar Direktur Institute for Trans­formation Studies (In­trans), Andi Saiful Haq usai peluncuran riset bertajuk “Partai Politik Paling Ber­pengaruh di Media Sosial” di Jakarta, Rabu (30/3).

Baca Juga : Tinjau Pelabuhan Bakauheni, Ketua Satgas Tak Ingin Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Sementara itu, di posisi kedua partai dengan akti­vitas media sosial tertinggi adalah Partai Keadilan Se­jah­tera (PKS) dengan 933 aktivitas. Sedangkan di po­sisi ketiga adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 892 aktivitas. Dua parpol lainnya yang masuk lima besar partai dengan aktivitas media sosial tertinggi adalah Partai Gerindra (625 akti­vitas) dan Partai Demokrat (426 aktivitas).

Sedangkan tiga partai di posisi terbawah adalah Par­tai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan 88 aktivitas, Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 85 aktivitas dan Par­tai Gol­kar dengan 81 aktivitas.

Baca Juga : Airlangga Hartarto Optimis PEN Berlanjut di Kuartal II 2021

Dalam pemeringkatan ini, Intrans tak memasukan Partai Hanura yang sama sekali tidak aktif di media sosialnya. Meski begitu, Hanura tetap diikutsertakan dalam penelitian. Meski menjadi parpol paling aktif di media sosial, namun keterikatan­nya (eng­ga­ge­ment) dengan para nettizen sangat kecil.

“Artinya sporadik men­yebar konten, tidak terarah. Beda dengan PSI dan Ge­rin­dra, walaupun sedikit ta­pi engagement (ke­teri­ka­tan­­nya) besar,” tutur Saiful se­bagaimana dilansir kompas.

Gerindra dan PSI ka­ta­nya, melakukan kampanye lewat medsosnya secara sistematis, terprogram dan terarah. Gerindra dalam hal ini sangat konsisten dalam memanfaatkan posisinya sebagai oposisi pemerintah. Sedangkan PSI konsisten dengan gerakan muda dan perempuan.

“Kedua partai ini me­miliki tim profesional yang mengurusi media sosial, serta menggunakan me­todologi framework media sosial. Sehingga itu kita indikasikan baru dua par­pol yang melakukan kai­dah-kaidah media sosial dengan benar,” imbuhnya.

Adapun riset dilakukan terhadap lima platform media sosial, yaitu Face­book, Twitter, Google Plus, Instagram, dan Youtube dengan periode riset 1 Feb­ruari hingga 14 Maret 2016. Pengamatan dilakukan ter­hadap akun resmi partai politik yang dipublikasikan sebagaimana yang di­infor­ masikan melalui iklan atau situs resmi partai.

Jumlah partai politik yang diteliti sejumlah 12 partai, terdiri dari 10 partai politik lama dan 2 partai politik baru, yaitu PSI dan Perindo. (h/yan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]