BPK Dukung Presiden Selamatkan Proyek Hambalang


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:02:52 WIB

JAKARTA, HALUAN — Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis menyatakan pihaknya mendukung upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelamatkan aset negara dalam proyek Hambalang.

“Apa pun keputusannya kita sangat mengapresiasi betul seberapa jauh yang sudah dinyatakan oleh BPK sebagai total lost kemudian dikukuhkan di pengadilan, itu bisa diselamatkan men­jadi aset baru dan itu yang artinya semangat Presiden ini patut kita apresiasi,” kata Harry Azhar Aziz da­lam jumpa pers setelah rapat terbatas terkait pro­yek Ham­balang di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/3).

Pihaknya mendukung apa pun keputusan dan upa­­ya Presiden untuk me­­­lan­­jutkan atau tidak me­­lan­­jutkan pengerjaan aset yang sudah dibangun di Pu­sat Pembinaan dan Pe­ngem­­­bangan Sekolah Olah­­­raga Nasional (P3S­ON) Hambalang.

Dukungan itu akan dibe­rikan khususnya dalam hal kajian sesuai dengan kepu­tusan terkait teknis, hukum, dan sejumlah kajian lain.

“Hasil audit investigasi BPK pada 2012 itu kita mencatat sekitar Rp243 miliar kerugian dan di 2013 pada waktu itu Rp463 miliar kerugian,” ujarnya.

Pihaknya menyam­pai­kan kepada Presiden bahwa BPK sangat mengapresiasi langkah yang diambil Peme­rintah untuk me­nye­la­mat­kan aset negara dalam pro­yek tersebut.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) me­ne­kankan Proyek Ham­ba­lang sebagai aset negara perlu diselamatkan.

Pernyataan itu disam­paikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas dengan topik Tindak Lanjut Pem­bangunan Infrastruktur Pen­dukung Olahraga di Ham­balang yang digelar di Kan­tor Presiden.

“Proyek Hambalang ini sebagai aset negara perlu diselamatkan, tetapi me­mang harus hati-hati,” sebut Presiden. (h/ant)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 10:41:59 WIB

    Biaya Rapid Test Disorot DPR, BPK Akan Periksa Anggaran Covid-19

    Biaya Rapid Test Disorot DPR, BPK Akan Periksa Anggaran Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Besarnya anggaran penanganan virus corona hingga Rp695,1 triliun dipertanyakan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) karena masyarakat masih harus membayar sendiri biaya rapid test. Hal ini pun jadi beban baru pada.
  • Senin, 08 Juni 2020 - 12:07:19 WIB

    BPKH Kesulitan Kelola Dana Haji Rp135 Triliun

    BPKH Kesulitan Kelola Dana Haji Rp135 Triliun HARIANHALUAN.COM - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengalami kendala dalam mengelola dana jemaah haji. Padahal dana yang dikelola mencapai Rp 135 triliun per Mei 2020..
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 10:20:14 WIB

    Dana Haji Nganggur Dipakai untuk Perkuat Rupiah? Ini Kata BPKH

    Dana Haji Nganggur Dipakai untuk Perkuat Rupiah? Ini Kata BPKH HARIANHALUAN.COM - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memastikan dana haji akan aman di rekeningnya dan hanya akan digunakan untuk menunjang penyelenggaraan ibadah haji. Hal ini menyusul setelah adanya keputusan pemerintah .
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:38:49 WIB

    Polri Batalkan Perpanjangan Penutupan Layanan SIM, STNK, BPKB

    Polri Batalkan Perpanjangan Penutupan Layanan SIM, STNK, BPKB HARIANHALUAN.COM - Mempertimbangkan skenario tatanan kenormalan baru atau new normal yang digalakkan pemerintah, Polri membuka kembali layanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (S.
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:58:53 WIB

    Data dari BPK, Jokowi Sebut Ada Pemborosan Anggaran Negara?

    Data dari BPK, Jokowi Sebut Ada Pemborosan Anggaran Negara? HarianHaluan.com - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) menyerahkan kepada menyerahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2019 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]