Aset Rp67 Miliar, SHU Rp4,8 Miliar

KSU Keluarga Besar BPD Sumbar Makin Besar


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:03:54 WIB

PADANG, HALUAN — Koperasi Serba Usaha (KSU) Keluarga Besar Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat (Sumbar) yang menjalankan delapan unit usaha makin besar. Hingga akhir 2015, anggota koperasi ini mencapai 2.001 orang. Total asetnya sebesar Rp66,8 miliar. Sedangkan sisa hasil usaha (SHU) bersih berjumlah Rp4,8 miliar, meningkat dari tahun 2014 yang hanya Rp4,9 miliar.

Di hadapan Tim Penilai Koperasi Berprestasi Pro­vinsi Sumbar, Ketua KSU Keluarga Besar BPD Sumbar, Asriwandi Maksum, di kan­tornya, Senin (28/3) men­jelaskan, enam unit usaha yang dijalankan koperasi yang berkantor di Jl. Pemuda No. 23 F Padang itu adalah unit usaha penghimpunan simpa­nan dari anggota, unit simpan pinjam, penyertaan modal, perdagangan alat tulis kantor, unit warung serba ada (waser­da), rental kendaraan, unit pelayanan kebersihan, dan unit jasa penyediaan/penya­luran tenaga kerja.

“Simpanan pokok Rp5 ju­ta dan simpanan wajib nilai­nya bervariasi antara Rp50 ri­bu hingga Rp100 ribu per bu­lan. Total simpanan pokok hing­ga akhir Desember 2015 se­besar Rp6,3 miliar lebih, dan sim­pa­nan wajib Rp37 mi­liar. Se­mentara simpanan su­karela yang diberi bunga  em­pat per­sen per tahun ter­ca­tat sebesar Rp2,56 miliar,” ujar Asri­wandi Maksum di­dam­­pingi se­kretaris, Marzuki Ka­marud­din, dan bendahara Rus­di.

Ia menuturkan, selama 2015, koperasi ini menya­lurkan pinjaman kepada ang­gotanya sebesar Rp22,6 mi­liar lebih, meningkat dari tahun 2014 hanya Rp20,15 miliar. Setiap anggota boleh meminjam maksimal Rp40 juta, dengan bunga satu persen per tahun, dilunasi dalam jangka waktu 48 bulan. Selain itu, anggota juga memeroleh fasilitas pinjaman insidentil maksimal Rp30 juta, dan kredit barang maksimal Rp10 juta. Dari total pinjaman sebesar itu, diperoleh SHU melalui unit simpan pinjam sebesar Rp2,8 miliar.

Adapun penyertaan mo­dal ke PT BPD Sumbar atau Bank Nagari pada 2015, kata Asriwandi Maksum, sebesar Rp24,4 miliar lebih, mening­kat dari tahun sebelumnya ha­nya Rp21,7 miliar. Hasilnya, deviden yang diperoleh kope­rasi pun meningkat dari  Rp­2,9 miliar menjadi Rp3 miliar lebih pada 2015. Sedangkan nilai penjualan unit perda­gangan alat tulis kantor (ATK) sebesar Rp5,1 miliar, men­datangkan SHU sebesar Rp­541 juta. Sementara itu, kon­tribusi SHU unit Waserda selama 2015 sebesar Rp19,4 juta dari nilai penjualan sebe­sar Rp2,4 miliar.

“Nilai penjualan ATK dan Waserda yang berimbas pada penurunan SHU di­se­babkan makin ketatnya per­saingan usaha, koperasi me­nurunkan persentase ke­untu­ngan,” te­rang­nya.

Di bidang usaha unit ren­tal kendaraan, lanjut Asri­wandi Maksum, koperasi ini mengoperasikan 81 unit ken­daraan. Sebanyak 79 unit direntalkan ke PT BPD Sum­bar, sisanya direntalkan ke PT Jamkrida Sumbar dan PT BPR Gunung Mas. Jasa ber­sih yang diterima melalui usaha ini tercatat Rp1,7 mi­liar lebih, sedangkan penda­patan unit usaha pelayanan kebersihan selama 2015 dipe­roleh Rp864 juta. Setelah dikeluarkan biaya ope­rasio­nal, didapat SHU sebesar Rp176 juta lebih.

Asriwandi Maksum me­lan­jutkan, jumlah tenaga kerja yang disalurkan melalui unit usaha penyediaan/ penyaluran tenaga kerja hingga akhir Desember 2015 sebanyak 82 orang, menurun diban­ding­kan 2014 yang mencapai 130 orang. Dari jumlah tersebut, tenaga kerja ditempatkan di berbagai bidang pekerjaan, antara lain sebagai teknisi, pemantauan ATM, penge­mu­di, pramubakti, dan tukang parkir. Konsekuensinya, pen­dapatan pun menurun dari Rp3,6 miliar menjadi Rp2,6 miliar. Begitu pula SHU 2014 sebesar Rp417 juta, menjadi Rp321 juta lebih.

Menyusutya jumlah tenaga ker­ja yang dikelola koperasi ka­rena adanya kebijakan pe­me­­rintah. Koperasi menga­lih­kan secara bertahap penge­lo­laan tenaga kerja ke peru­sa­ha­an yang dibentuk KSU Ke­luarga Besar BPD Sumbar, yai­tu PT Citra Bangun Na­ga­ri. Marzuki Ka­ma­rud­din me­nambahkan, untuk men­jalankan unit-unit usaha itu sehari-hari, pengu­rus dibantu oleh sembilan pegawai tetap dan dua orang calon pegawai. (h/rb)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]