Tingkatkan Percaya Diri dan Raih Hasil terbaik

Ratusan Pengawas Siap Kawal UN


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:15:03 WIB
Ratusan Pengawas Siap Kawal UN

PADANG PANJANG, HALU­AN — Pemerintah Kota Pa­dang Panjang telah mem­per­siap­kan 415 orang pengawas untuk mengawal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kota Padang Panjang demi ter­cip­ta­nya pelaksanaan UN yang be­rin­tegritas, jujur dan ber­kua­litas. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Panjang Edwar Juliarta saat dihubungi Rabu (30/3). 

Edwar mengatakan, selain menjadi kunci utama ke­lu­lu­san, UN ini juga sebagai wadah untuk mengevaluasi diri se­la­ma siswa mengikuti masa pen­didikannya, serta juga akan menjadi evaluasi bagi guru-guru yang mengajar siswa tersebut.

UN merupakan kunci uta­ma kelulusan dan ujian ini juga sebagai wadah untuk me­nge­valuasi diri siswa se­lama belajar di bangku pendidikan.  Evaluasi tersebut bukan hanya untuk siswa, namun hal tersebut juga evaluasi bagi guru. 

“Untuk apa pen­capai­an nilai bagus dan pering­kat kelulusan tinggi, jika hal itu diperoleh dengan cara curang. Saat ini kita tidak butuhkan itu, akan tetapi kita harus menerapkan bagai­mana peserta UN meraih pres­tasi dengan mengandalkan potensi dan kualitas diri pada siswa selama menjalani In­terak­si Belajar Mengajar (IBM) di sekolah,” tegas Edwar. 

Terpisah Kepala Dinas Pe­n­didikan Padang Panjang Des­mon mengungkapkan, untuk UN di Pa­da­ng Panjang ak­an diikuti 4.055 pe­ser­ta, masing-ma­sing 1.727 sis­wa SMP dan 2.299 siswa SMA. Dan uji­an ak­an di­a­wasi ol­eh gu­ru-gu­ru dari ber­bagai ting­katan tersebut, masing-masing 201 orang dari guru setingkat SMA dan 214 orang dari guru SMP.

“Kita akan mengutus be­berapa orang pengawas ke masing-masing sekolah, sesuai dengan jumlah kelas. Selain itu kita juga adakan pengawas  dari perguruan tinggi, namun tidak di lokasi pelaksanaan UN,” Desmon. (h/mg-pis)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]