Pasar Nagari Tanjung Gadang, Bakal Miliki Kios Mini Ikan


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:15:34 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN — Pasar Nagari Tanjung Gadang bakal memiliki kios mini ikan yang representatif.Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung men­dapat­kan alokasi dana dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI untuk pem­bangu­nan kios mini tersebut. “Tahun ini, kita akan membangun kios mini ikan di Pasar Tanjung Gadang,” kata Kepala Dinas Peter­na­kan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Yulizar melalui Kepala Bidang Perikanan, Sutarto kepada Haluan melalui telepon selularnya, Rabu kemarin.

Pembangunan kios mini ikan di Pasar Nagari Tanjung Gadang itu, sambung Kabid Perikanan, memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.Kementrian Kelautan dan Perikanan RI mengalokasikan dana lebih kurang sebesar Rp260 juta.

Menurut dia, pembangunan kios mini ikan tersebut mengingat pasar yang berada tak jauh dari jalan Lintas Sumatera belum memiliki tempat atau kios bagi pedagang ikan.Penggalas ikan yang datang setiap hari pasar (Sabtu-red), mengelar dagangannya berpencar-pencar. Aktivitas seperti itu, sebut Sutarto, selain tidak tertata atau berada di satu tem­pat, juga menyulitkan para pembeli. Bahkan, limbah atau air bekas dagang ikan sering me­nim­bulkan bau tak sedap dan  me­ngganggu  warga yang berada di sekitar pasar.

Karena itu, Pemkab Sijunjung melalui Dinas Peternakan dan Perikanan menga­jukan pro­posal bantuan pem­bangu­nan kios mini ke Kementrian Kelautan dan Perikanan RI. ”Alhamdulillah, permoho­nan kita disetujui Kementrian Kelautan dan Perikanan RI,” ujarnya. Kata Sutarto, pihaknya kini tengah me­nyiapkan desain kios mini tersebut.Kios berukuran 8 X 15 meter bakal dilapisi keramik dan memenuhi standar untuk pe­da­gang ikan.Tak hanya itu, saja, lanjut Su­tarto, kios tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah fa­­silitas dan peralatan bagi pedagang ikan. (h/azn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]