Menuju Terbaik Agam 2016

Enam Wali Nagari Bersaing Ketat


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:17:00 WIB

Agam, Haluan — Sebanyak Enam Wali Nagari di Kabupaten Agam siap bersaing ketat, perebutkan Wali nagari terbaik tingkat kabupaten tahun 2016 setelah bersail me­da­at­kan Penilaian terbaik dari 16 utusan keca­matan. Penilaiannya sudah dilakukan dua pekan lalu dengan melibatkan penilai kom­petensi wali nagari.

Adapun keenam wali nagari tersebut adalah, Wali Nagari Koto Rantang, Keca­matan Palupuah Syafril Yani,  Wali Nagari Ka­ma­ng Mudiak, Kecamatan Kamang Magek Ahmad Latif Dt Samiak. Se­lanjut­nya, Wali Nagari Batu Taba, Kecamatan Ampek Angkek Zul Hadia,

Kemudian, Wali Nagari Bukik Batabuah, Kec­a­ma­tan Canduang Masdiwar, Wali Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso Geginda Pakiah Pamuncak dan Wali Nagari Lubuk Basung, Ke­ca­matan Lubuk Basung Da­r­ma Ira Putra.

Kepala Badan Pem­ber­dayaan masyarakat dan Pe­merin­tah Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam Walfizar juga selaku ketua tim penilai, Rabu (30/3), mengatakan, sebelumnya sudah dilaku­kan penilaian. Sekarang me­­­ru­pakan penilaian tahap ke dua dengan nominasi enam besar yang akan mem­­per­ebutkan peringkat per­tama tingkat Kabupaten Agam.

Ia menjelaskan, kriteria dalam penilaian ini yaitu tentang aspek penye­leng­garaan pemerintahan, bagai­mana wali nagari mengelola pelayanan dan bagaimana roda pemerintahan di nagari tetap berjalan, kemudian bagaimana inovasi nagari tersebut dalam pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian juga dilihat  pengembangan ekonomi pengetasan kemiskinan, bagaimana seorang wali nagari meneneje sum­ber­daya yang ada di nagari agar sumber daya ekonominya berdampak pengurangan kemiskinan.

Selanjutnya, Aspek pen­gem­bangan adat dan agama, bagaimana wali nagari men­gem­bangkan adat dan istia­dat serta agama di masing-masing nagari. Aspek pem­berdayaan masyarakat, ba­gai­mana potensi yang ada di nagari dimanfaatkan tanpa mematok bantuan  dari kabupaten atupun provinsi.

Sementara salah se­ora­ng wali nagari di Kabupaten Agam yang ikut dinilai yaitu Wali Nagari Lubuk Basung Darma Darma Ira Putra, mengatakan, berkaitan de­ng­an penilaian ini Nagari Lubuk Basung masuk no­minasi enam besar, ini tidak terlepas dari dukungan ma­sya­rakat berkat kerja sama yang baik, bisa menjalankan roda pemerintahan, mulai pemberdayaan masyarakat, peningkatakn ekonomi dan pengetasan kemiskinan.

“Nagari Lubuk Basung terletak di Ibu Kota Ka­bu­paten Agam dengan ber­pen­d­uduk lebih kurang 47.000 berdasarkan data statistik 2016, berdasarkan jumlah itu dibandingkan dengan nagari lain yang sedikit pen­duduk­nya dan memiliki perangkat yang sama, tapi alhamdulillah kita bisa juga melayani ma­sya­rakat dengan maksimal. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]