Dikawal Ketat Polres Agam

Tiga Napi Berbahaya Dipindahkan


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:20:43 WIB
Tiga Napi Berbahaya Dipindahkan Tiga napi berbahaya Roni Ardi (38), Tofik (35) dan Wendra (37) di pindahkan ke LP terpisah di luar Agam, Selasa malam. (RAHMAT HIDAYAT )

Agam, Haluan —  Tiga jagoan warga binaan Lembaga Pemasyarakat (LP) Padang Lansano, Kenagarian Manggopoh, Lubuk Basung, yang selalu bikin onar didipindahkan ke luar Agam . Pemindaha napi berbahaya ini dilakukan Selasa malam (29/3) dalam pengawalan ketat pihak kepolisian yang dipimpin oleh Kapolres Agam AKBP Eko Budi Purwono.

Pemindahan Napi pem­buat onar  tersebut bertujuan untuk menghindari LP ter­sebut dari kekacauan. Ke­tiga napi berbahaya ini ada­lah Roni Ardi (38), dia  di­pin­dahkan ke Lapas Sijun­jung, Tofik (35) ke Lapas Pariaman dan Wendra (37) LP Solok.  Mereka me­ru­pakan terpidana Narkoba dengan masa hukuman di atas lima tahun. Dua orang di antaranya Roni Ardi dan Tofik beberapa waktu lalu juga bikin ulah dengan Ka­bur dari lapas.

Terakhir ketiga orang terpidana ini memukuli serta menyiksa napi lain, Minggu (27/3) Malam. Dua napi yang menjadi korban pemukulan tersebut adalah Eko dan Sarisman. Mereka disiksa karena dituduh men­g­goda istri Roni Ardi saat membesuk. Dua napi ini menderita luka cukup pa­rah sehingga mesti men­dapatkan perawatan medis.

­Pengamanan pe­min­da­han napi ini langsung di­pimpin oleh Kapolres Agam AKBP Eko Budi Purwono, bersama anggota, bersenjata lengkap di­dam­pingi oleh Kepala Lapas Irwan. Anggota datang ke LP sekitar pukul, 22.00 WIB. Anggota per­tamakali men­jemput dua terpidana yang berada di­ruagan pe­nga­singan Roni Ardi dan Tofik, kemudian baru menjemput Wendra.

Kepala LP Padang Lan­sano, Irwan mengatakan, pemindahan kedua napi ini sudah diupayakan sejak beberapa waktu lalu, namun karena butuh proses, jadi baru bisa sekarang. Hal ini mes­ti dilakukan karena tin­dak tanduk ketiga napi ter­sebut sudah melampaui ba­tas. Ia Khawatir akan ada bentrok besar jika mereka masih LP Lubuk Basung. “ Kita tidak menginginkan adanya keributan Besar nanti didalam LP Oleh se­bab itu napi ini harus cepat dipindahkan. Apabila ter­jadi, tentunya akan me­ru­gikan daerah, sehingga me­min­dahkan mereka adalah keputusan yang tepat,” kata Irwan.

Sebelum  pemindahkan ia langsung mengontak Ka­polres Agam agar bisa mem­berikan pengamanan. Pemindahan tiga napi ber­bahaya tersebut berjalan de­n­gan baik. Mudah-mudahan situasi di LP kedepan jauh lebih Kondusif. Tidak ada lagi yang namanya keru­butan dan sejenisnya.

Sementara itu Kapolres Agam, AKBP Eko Budi Purwono mengatakan, da­lam melakukan pe­nga­ma­nan Napi di LP Padang Lansano Lubuk Basung, ia mengerahkan perosil lebih kurang satu Pleton. Mereka dicokok dari kamar tanpa perlawanan. Setelah dige­ledah tidak ditemukan ba­rang-barang yang men­cu­ri­gakan. “Sebelum me­la­ku­kan pengamanan. kami di­hu­bugi oleh Ka.Lapas. Se­telah diambi dari sel, me­reka langsung dibawa me­nuju LP masing-masing di luar Agam sesuai dengan pemindahan, malam itu juga. Tidak ada masalah dalam perjalanan, semua baik-baik saja,” ungkapnya. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]