STIKes Mercubaktijaya Segera Buka Prodi Terapi Wicara


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:21:44 WIB

PADANG, HALUAN—Jika ti­dak ada aral melintang, bebe­rapa bulan ke depan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang akan menerima mahasiswa baru untuk program studi baru terapi wicara, untuk kapasitas pene­rimaan akan dibuka seluasnya karena tenaga dosen men­cuku­pi.

Ketua STIKes MERCU­BAKTIJAYA Padang Hj. Elmi­yas­na K, SKp. MM mengatakan, untuk saat ini jumlah lulusan terapi wicara di Sumbar hanya 13 orang lulusan D3, sementara untuk kebutuhan tenaga terapi ini sangat banyak dibutuhkan. Untuk itu, dengan membuka prodi baru ini akan membuka peluang sebesarnya untuk me­menuhi kebutuhan tenaga te­rapi wicara ini.

“Untuk tenaga dosen kita sudah punya enam orang, dan kalau dalam aturannya satu banding 30, jadi kami berke­sempatan membuka peluang besar untuk para peminatnya.

Hari ini, Kamis (31/3) STI­Kes MERCUBAKTIJAYA Pa­dang melakukan pengucapan janji mahasiswa, dan pemakaian uniform untuk 197 mahasiswa yang akan melakukan praktek lapangan.

Hj. Elmiyasna K, SKp. MM mengatakan, 197 mahasiswa dari tingkat I prodi D3 ke­bidanan, dan D3 keperawatan akan dilepas untuk melakukan praktek lapangan yang nantinya akan berguna menambah kom­petensi para mahasiswa sesuai dengan bidang masing-masing untuk melanjutkan pada mata kuliah berikutnya hingga ke­lulusan nanti.

“Kami sudah mebekali ma­hasiswa dengan berbagai hal, baik itu teori, kode etik yang harus mereka patuhi, dan sikap empati yang harus mereka mili­ki karena yang mereka lakukan berkaitan dengan kesehatan bahkan nyawa manusia,” ung­kapnya.

Dari 197 mahasiswa yang akan melakukan praktek lapa­ngan tersebut, 126 diantaranya mahasiswa D3 keperawatan, dan 71 orang lainnya berasal dari D3 keperawatan. Praktek lapangan ini adalah kegiatan rutin dari kampis untuk maha­siswa, agar bisa lebih mem­perhatikan dan mempelajari bagaimana sebenarnya realita di lapangan.

“Untuk praktek ini, kami bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit seperti Yos Su­darso, Yarsi, RSUD Padang, Ibnu Sina dan beberapa lagi yang lainnya. Untuk praktek lapangan akan dilakukan sela­ma tiga minggu dan pada masa ini mahasiswa dituntut untuk wajib mematuhi dan menja­dikan kode etik sebagai landa­san dalam bekerja,” ulasnya.

Dikatakan juga, tanggal 4 April mendatang akan ada PKL untuk D3 kebidanan di Keca­matan Kuranji Kelurahan Ka­lum­buak sebanyak 164 orang mahasiswa, dan saat ini sedang dilakukan pembekalan sebe­lum di lepas ke lapangan untuk melakukan parktek selama 3 minggu.

“PKL ini menerapkan asu­han kebidanan komunitas, meli­hat apa saja masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat,” ujarnya. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 06:34:47 WIB

    UBH Dikunjungi STIKes Ranah Minang

    UBH Dikunjungi STIKes Ranah Minang PADANG, HALUAN—Universitas Bung Hatta mendapat kunjungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Ranah Minang Padang yang berlangsung di Ruang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I UBH, kemarin..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]