Ikut DPRD Reses

Tak Etis Sekwan 'Bawa Rombongan'


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:25:03 WIB

PADANG, HALUAN—Per­jalanan dinas staf sekretariat DPRD Padang yang men­dampingi anggota dewan da­lam Bimbingan Teknis (Bim­tek) Sumber Daya Manusia ke Jakarta membuat Walikota Padang Mahyeldi An­sha­rul­lah kaget.

“Saya tidak tahu, justru hari ini baru saya dengar. Kalau memang iya itu tidak etis, perjalanan dinas yang mencapai 15 orang,”katanya dalam satu kesempatan di Padang, Rabu (30/3).

Ia menilai kinerja Sekwan tidak rasional dan harusnya memprioritaskan hal yang penting. Apalagi berangkat dengan jumlah yang cukup banyak dan membuat kinerja terlantar.

Dikatakannya, selama ini pemerintah sudah dite­gas­kan agar efisien, baik peng­gunaan anggaran maupun pekerjaan.

Karena perja­lanan dinas itu me­ninggalkan daerah sendiri, sementara daerah sendiri sedang dilanda bencana.

”Saya saja ditawari  ke­luar negeri kadang saya to­lak.

Karena memprioritaskan hal yang penting, apalagi daerah kita sedang bencana banjir seperti ini,”papar Mahyeldi.

Sementara itu, menurut Sekretaris Daerah Nasir Ah­mad, kegiatan Bimtek SDM ini dilaksanakan oleh pihak ketiga, dan harusnya Sekwan tidak perlu membawa ‘rom­bongan’ yang begitu banyak untuk mendampingi anggota dewan.

Banyaknya staf sekretariat DPRD Padang yang mela­kukan perjalanan dinas, Nasir mengaku kecolongan.Untuk itu, kata Nasir, agar persoalan yang sama tidak terulang dirinya sudah menyarankan kepada Asisten I, ke depan perlu dikoordinasikan.

Dari pantauan dan data yang di himpun Haluan,  di Gedung DPRD Kota  Pa­dang terlihat nyaris lengang dan tak seperti biasa­nya. Terlihat mulai dari Bagian Keuangan, Bagian Umum nampak  sepi dari kehadiran ASN.

Pamong Senior Rusdi Lu­bis angkat bicara,  terkait keberangkatan sekretariat DPRD Ini. Dirinya mem­pertanyakan, kenapa harus sebanyak itu sekretariat yang diikutkan.

“Apa itu wajar, mereka ikut terlalu banyak. Yang di Bimtek itu kan anggota DP­RD, kenapa mereka yang ikut semua,”kata mantan Sekda Sumbar ini.

Ditambahkannya,  seha­rusnya anggota sekretariat itu hanya berangkat secukupnya.

Pelaksaan Bimtek sendiri dilakukan di Hotel Grand Cempaka, yang dimulai sejak 27 hingga 31 Desember 2016 mendatang.

Hal ini,  diakui oleh Ke­tua DPRD Kota Padang Eris­man. Dikatakannya,  Bimtek kali ini ialah terkait memak­simalkan fungsi dewan dalam menghadapi pelaksanaan per­tanggungjawaban Wali Kota Padang tahun 2015.   

“Di­harapkan setelah bim­­tek SDM selesai, tiap anggota dewan bisa me­mak­simalkan kinerjanya,” te­gasnya.(h/ade/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]