Bantuan Rumah Rusak Diharapkan

BNPB Sudah Kucurkan Rp200 Juta


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:26:31 WIB

PADANG, HALUAN—Pascabanjir Selasa 22 Maret 2016 lalu, aktivitas masyarakat Koto Tangah sebagai kecamatan terparah yang dilanda banjir, kini sudah berangsur pulih.

Menurut Walikota Pa­dang Mahyeldi Ansharullah, akibat banjir di Koto Tangah ada beberapa rumah yang roboh.

Kerugian yang dialami warga tersebut sudah dila­porkan ke BNPB. Dengan begitu diharapkan bantuan dari BNPB bisa mengalir.

“Alhamdulillah sudah ada bantuan dari BNPB sebanyak Rp200 juta. Na­mun, untuk rumah yang rusak berat ada beberapa unit rumah kita masih me­nunggu dari BNPB. Mudah-mudahan ada bantuan ,”urai Mahyeldi Ansharullah.

Ia menambahkan, ker­u­gian akibat banjir mencapai Rp30 Miliar, yang meliputi sarana prasarana umum, seperti jembatan.

Untuk itu, ke depan pi­hak­nya akan menguta­ma­kan program penanganan banjir.

Sementara itu, Camat Koto Tangah Adlin Gusmar mengatakan pemulihan pas­cabanjir di Koto Tangah sudah mencapai 80 persen.

Rumah masyarakat satu hari setelah banjir sudah langsung dibersihkan. “Ka­lau untuk rumah masyarakat sudah normal kembali da­lam hitungan hari,”papar Adlin Gusmar.

Ia menambahkan, banjir yang terjadi selama 6 jam itu sempat melumpuhkan ak­tifitas warga Koto Tangah.

Saat ini masih ada sisa lumpur di lahan kosong, halaman sekolah masih ada sisa sampah dan lumpur. Di lahan kosong masih ada sisa kayu yang hanyut di bawa oleh banjir.

“Namun tidak terlalu tebal lagi, sudah bersih lu­mayan,”tandasnya lagi.

Terkait dengan sarana dan prasarana seperti jem­batan Pasia Nan Tigo yang roboh di hondoh banjir, menurut Adlin sudah bisa dilewati roda dua.

Jembatan darurat untuk masyarakat beraktifitas kem­­bali. Kalau untuk mobil memang belum.

Kalau untuk jalan me­nurut Adlin ada kewena­ngan provinsi dan kota. Dalam tahun ini akan diker­jakan oleh pihak yang ber­we­nang dalam pengerja­anya.Sedangkan air PDAM sudah hidup walaupun ma­sih macet.

“Pulih 80 persen sudah. Air PDAM sudah hidup walaupun kadang mati lagi,” tutup Adlin Gumai.(h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 22:24:46 WIB

    Hendri Septa Hadiri Rakornas BNPB, Presiden Tekankan Pentingnya Mitigasi Bencana

    Hendri Septa Hadiri Rakornas BNPB, Presiden Tekankan Pentingnya Mitigasi Bencana PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa didampingi Kepala BPBD Kota Padang, Barlius menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana tahun 2020 dengan tema "Bencana Urusan Bersam.
  • Selasa, 14 Maret 2017 - 08:27:43 WIB

    Bangun Jembatan, Pemprov ‘Ngadu’ ke BNPB

    PADANG, HALUAN – Pemerintah provinsi akan menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk meminta dana rehab rekon pembangunan kembali jembatan gantung Kampuang Beringin di Lubuk Kilangan yang rusak akiba.
  • Ahad, 12 Juni 2016 - 17:03:59 WIB

    Abrasi Pantai Perlu Ditindaklanjuti BNPB

    Abrasi Pantai Perlu Ditindaklanjuti BNPB PADANG, HALUAN-- Melihat dampak abrasi pantai yang meresahkan masyarakat, DPRD Kota Padang mendesak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turut serta menindaklanjuti permasalahan ini. “Abrasi pantai sudah meresah.
  • Selasa, 29 Maret 2016 - 03:50:48 WIB
    Perbaikan Infrastruktur Pascagempa

    Pemko Harapkan Bantuan BNPB

    PADANG, HALUAN — Banjir yang menerjang Kota Padang beberapa waktu lalu merobohkan jalan dan jembatan. Sementara anggaran untuk perbaikan jembatan yang rusak belum ada. Pemko mengharapkan bantuan dari Badan Nasional Penangg.
  • Senin, 28 Maret 2016 - 03:50:52 WIB

    Hari ini,BNPB Bantu Korban Banjir

    Hari ini,BNPB Bantu Korban Banjir PADANG, HALUAN — Ham­pir sepekan setelah bencana banjir di Padang dan sejumlah daerah lain­nya di Sumbar, ban­tuan dari pusat baru akan mendarat. Bantuan ini mencapai 15 paket yang awalnya diren­canakan akan didistri­b.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]