Premium dan Solar Turun Rp500

Presiden Minta Tarif Angkutan Ikut Turun


Kamis, 31 Maret 2016 - 04:42:28 WIB
Presiden Minta Tarif Angkutan Ikut Turun Pengendara motor mengisi BBM di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (29/3). Pertamina menurunkan semua harga BBM non subsidi sebesar Rp200 per liter mulai Rabu (30/3). (ANTARA)

Pemerintah pusat kembali menurunkan harga BBM. Hanya saja, langkah ini tak diikuti sektor lain. Presiden meminta pihak terkait untuk menyesuaikan

PADANG, HALUAN — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar. Penurunan harga tersebut akan mulai berlaku pada 1 April 2016 mulai pukul 00.00 WIB.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, pemerintah tidak akan melepaskan harga BBM sepenuhnya pada mekanisme pasar. Karena itu, tugas pemerintah menjaga agar harga BBM tidak naik ataupun turun terlalu sering.

“Saya ingin sedikit memberikan background bahwa regulasi kita me­minta pemerintah untuk tidak melepas­kan harga BBM sepenuhnya pada mekanisme pasar. Tugas peme­rintah menjaga supaya ada stabilitas, smooth, naik turunnya harga tidak terlalu tinggi,” katanya di Kompleks Istana Kepre­sidenan, Jakarta, Rabu (30/3).

Dia menyebutkan, harga BBM untuk jenis premium dan solar mulai 1 April 2016 akan turun Rp500 per liter. Sementara harga minyak men­tah (kerosen) tidak mengalami peru­bahan harga.

“Kita memutuskan harga pre­mium yang semula Rp6.950 per 1 April menjadi Rp6.450/liter, jadi turun Rp500 per liter. Kemudian minyak solar semula Rp5.650 men­jadi Rp5.150 per liter, minyak tanah tetap dan tidak ada perubahan,” imbuh dia.

Mantan Bos PT Pindad (Persero) ini menegaskan, meski pemerintah konsisten mengevaluasi harga BBM setiap tiga bulan, namun untuk penu­runan harga BBM kali ini akan berla­ku hingga enam bulan ke depan.

Sebab, hal ini mempertim­bang­kan pada Juni dan Juli 2016 akan memasuki bulan puasa dan Le­baran.

“Karena itu mudah-mudahan sampai enam bulan ke depan harga ini bisa kita pertahankan, sehingga masyarakat bisa me­nyusun rencana dengan baik. Dan juga tidak terganggu naik tu­runnya harga BBM yang telalu berfluktuasi,” tutur dia.

Sudirman menambahkan, hari ini Pertamina akan menyiap­kan segala sesuatunya sehingga pada 1 April 2016 harga baru BBM sudah mulai diberlakukan.

“Kami segera menyiapkan Keputusan Menteri ESDM kare­na melalui perpres kita memang mendapat kewenangan untuk memutuskan harga setiap tiga bulan sekali,” tandasnya.

Pantauan Haluan, Rabu (30/3) di beberapa SPBU di Kota Padang, untuk penurunan harga BBM belum menjadi perhatian warga sekitar ataupun pemilik kendaraan.

Salah seorang pemilik ken­daraan roda dua Endri (30) di SPBU Simpang DPRD Sumbar Hen mengatakan, tidak tahu jika akan ada penurunan harga pada bahan bakar minyak.

Sementara itu, pemilik ken­daraan roda empat Toni (36) yang sedang melakukan pengisian bahan bakar di SPBU Ulak Ka­rang Padang mengatakan, untuk premium kalau bisa turunnya agak signifikan.

Tarif Transportasi Turun

Terpisah, Presiden Joko Wi­do­do meminta penurunan harga bahan bakar minyak diiringi juga oleh penurunan tarif transportasi.

“Jangan kalau (harga BBM) naik berkali lipat, (tarif trans­portasi) ikut naik. Tapi kalau (harga BBM) turun, (tarif trans­portasi) enggak turun-turun,” ujar Jokowi ketika pembukaan rapat terbatas di Kantor Presiden.

Rapat terbatas akan mem­bahas soal penetapan harga bahan bakar minyak bulan April 2016 dan pengalihan subsidi minyak solar pada APBN 2016.

“Saya ingin kalau bisa (tarif transportasi) turun juga,” lanjut dia. Jokowi pun memerintahkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk memastikan hal tersebut. “Saya sudah minta Menhub untuk bisa mengatur, agar tarif transportasi bisa turun,” ujar Jokowi.

Rapat terbatas itu dimulai sekitar pukul 15.15 WIB. Hadir dalam rapat itu Menteri Koor­dinator Kemaritiman Rizal Ram­li, Menteri Koordinator Pere­konomian Darmin Nasu­tion, Menteri Keuangan Bam­bang Brodjonegoro, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan dan Menteri Sekretaris Negara Pra­tikno. (h/win/kcm/snc/met)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 21:18:11 WIB

    Hasil Survei, Ini Dia 10 Menteri yang Bakal Diganti Presiden Jokowi

    Hasil Survei, Ini Dia 10 Menteri yang Bakal Diganti Presiden Jokowi HARIANHALUAN.COM - Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan survei terkait menteri dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju yang diharapkan masuk bursa reshuffle (perombakan) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Hasilnya, nama M.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 18:48:41 WIB

    Presiden Jokowi Yakin Indonesia Bisa Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

    Presiden Jokowi Yakin Indonesia Bisa Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo optimistis Indonesia bisa menjadi negara berpenghasilan tinggi. Syaratnya, perguruan tinggi mulai menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kebutuhan infrastruktur terus dige.
  • Senin, 29 Juni 2020 - 14:19:32 WIB

    Politikus PKS Sebut Presiden Tidak Boleh Mengeluh Apalagi Curhat

    Politikus PKS Sebut Presiden Tidak Boleh Mengeluh Apalagi Curhat HARIANHALUAN.COM - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta Presiden Joko Widodo memastikan perintahnya dilaksanakan oleh para menteri, bukan hanya marah-marah seakan pencitraan. Setelah 10 hari berl.
  • Senin, 29 Juni 2020 - 12:34:34 WIB

    Kinerja Kabinet Jauh dari Harapan, Presiden Marah

    Kinerja Kabinet Jauh dari Harapan, Presiden Marah HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay menilai, ancaman keras yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada jajaran kabinet, menandakan kinerja para pembantunya memang jauh dari harapa.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 18:51:02 WIB

    Di Hadapan Menteri, Presiden Tegaskan Akan Bubarkan Lembaga-Reshuffle

    Di Hadapan Menteri, Presiden Tegaskan Akan Bubarkan Lembaga-Reshuffle HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran kabinet untuk melakukan kerja ekstra dalam menangani pandemi virus Corona. Tak tanggung-tanggung Jokowi juga akan melakukan perombakan kabinet jika dipe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]