672 Pelajar Ikuti O2SN dan Popda Sawahlunto


Kamis, 31 Maret 2016 - 13:57:11 WIB
672 Pelajar Ikuti O2SN dan Popda Sawahlunto SEJUMLAH Atlet SD, tengah mengikuti salah satu cabang olahraga yang diperlombakan pada O2SN dan Popda Tingkat Kota Sawahlunto. (RIKI YUHERMAN) ?

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 672 pelajar setingkat Sekolah Dasar (SD), SLTP dan SLTA me­ngikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Pekan Olahraga Pelajar Dae­rah (Popda) tingkat kota Sawahlunto.Kegiatan ta­hu­nan yang dilaksanakan mulai 30 Maret hingga 12 April 2016 mendatang itu, langsung dibuka oleh Wa­likota Sa­wah­lunto Ali Yusuf di Lapangan Sepakbola Ko­lok Nan Tuo Rabu (30/3).

Walikota dalam sam­butannya men­yampaikan, pelaksanaan O2SN dan Pop­­da itu merupakan agen­da untuk melatih sportifitas dan tanggungjawab serta menggali potensi atlet-atlet muda yang dapat di­pro­yeksikan ke iven yang lebih tinggi.

“Kegiatan ini dapat di­katakan sebagai salah satu ajang pemanasan sebelum menghadapi iven serupa di tingkat provinsi.Setelah melalui beberapa seleksi di tingkat kota ini, di­ha­rapkan peserta yang lolos dalam O2SN dan Popda itu mam­pu menjadi atlet yang mem­bawa harum Kota Sa­wah­lunto di tingkat Pro­vinsi maupun di tingkat na­sional nantinya,” kata Ali.

Ali Yusuf  menjanjikan kepada  atlet yang ber­pres­tasi di O2SN dan Popda ini, akan diberikan reward uang motivasi sebesar Rp25 juta bagi juara I, Rp15 juta juara II, Rp10 juta juara III dan Rp5 juta bagi terbaik IV.

Namun kepada seluruh peserta diingatkan agar te­tap menjujung tinggi nilai sportivitas dan ber­kom­petisi secara sehat, sehingga akan melahirkan generasi muda emas olahraga Sa­wahlunto yang tidak saja berprestasi tapi juga berjiwa sportif.

“Mulai tahun ini dan selanjutnya akan di­ang­gar­kan pemberian reward dan bonus bagi atlet yang ber­prestasi, sehingga akan bisa memotivasi atlet muda un­tuk terus giat berlatih dan ber­­prestasi menjadi gene­rasi kebanggan Sawahlunto dan Indonesia kede­pan­nya,” ungkap bapak tiga anak itu.

Sementara itu Ketua Pa­nitia Pelaksana O2SN dan Popda Tingkat Kota Sa­wah­lunto tahun 2016, Syaiful Adli menyebutkan, peserta ke­gia­tan ini terdiri dari 4 ke­lom­pok lomba yakni O2SN SD sebanyak 230 orang, O2SN SMP 168 orang, O2SN SMA 121 orang dan Popda se­banyak 153 orang, yang akan mengikuti 12 cabang per­lombaan bagi tingkat SD, 9 cabang tingkat SMP, 8 cabang tingkat SMA dan 8 cabang bagi Popda.

Untuk pertandingan sen­­diri akan dilaksanakan di­ sej­umlah lokasi di­an­taranya lomba O2SN SD di­pusatkan dilapangan se­pakbola Kolok Nan Tuo 30-31 Maret 2016, lomba O2SN SMP/SMA dan Pop­da dipusatkan dila­pa­ngan sepakbola Talawi 1 -12 April 2016.

“Khusus untuk Popda telah diawali dengan per­tandingan cabang olahraga bela­diri tinju dan tae­kwondo, yang dimulai dari 14-24 maret lalu,’’ ungkap Syaiful. (h/mg-rki)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]