Perdana, MAN IC Buka Penerimaan Siswa Baru dan Guru


Kamis, 31 Maret 2016 - 14:27:30 WIB
Perdana, MAN IC Buka Penerimaan Siswa Baru dan Guru Bangunan MAN Insan Cendekia Sumatera Barat yang berada di Nagari Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Padang Pariaman terlihat megah, karena berada di area yang luas dan dilengkapi dengan asrama. (FITRA YANDI) ?

PADANG, HALUAN — Madrasah Aliyah Ne­geri Insan Cendekia (MAN IC) Sumatera Barat tahun ajaran 2016/2017 resmi me­ne­ri­ma siswa angkatan pertama. Selain pe­nerimaan siswa, MAN IC Sumbar juga me­la­kukan rekrutmen tenaga pendidik dan te­naga kependidikan. Penerimaan siswa dan rekrutmen tersebut dilakukan secara online dan berskala nasional yang dapat diikuti oleh siswa dan guru se-Indonesia.

“Dari 17 MAN IC se-Indonesia, termasuk dela­pan MAN IC baru yang perdana menerima siswa tahun ini, pilihan calon siswa ter­bany­ak itu MAN IC Su­m­bar. Sampai saat ini, Rabu (30/3), sudah lebih 500 peserta yang mendaftar. Sementara daya tampung MAN IC Su­m­bar baru tiga lokal, kurang dari 100 sis­wa,” kata Ka­subag Humas Kantor Wi­la­yah Ke­men­terian Agama Sumatera Barat H. Mu­ham­mad Rifki, MAg, kepada Haluan, Rabu (30/3).

Sistem penerimaan sis­wa baru secara online dan terpusat ini memungkinkan calon siswa memilih se­ko­lah yang diinginkannya. Misalnya, siswa yang be­rasal dari Sumbar bisa me­milih MAN IC di Jambi dan Serpong. Begitu juga siswa daerah lain, bisa juga men­daftar dengan pilihan salah satunya di MAN IC Sumbar. Hal ini bisa membuat se­kolah di suatu daerah tidak ada siswa yang berasal dari daerahnya sendiri.

Mengantisipasi hal ter­sebut, kata M Rifki, Kanwil Kemenag Sumbar beserta Kemenag di kabupaten dan kota se-Sumbar melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan mempersiapkan calon peserta didik sebaik mung­kin. Misalnya, Kanwil Ke­me­nag Sumbar akan me­la­kukan workshop khusus dan pembinaan untuk calon siswa (peserta) asal Su­matera Barat yang sudah mendaftar ke MAN IC. Pe­m­binaan ini dilakukan un­tuk meningkatkan aka­de­mik, kepribadian, kese­hatan, dan keimanan peserta se­be­lum mengikuti tes secara nasional.

“Kita mengharapkan, MAN IC Sumbar bisa diisi oleh anak-anak terbaik Su­m­bar. Termasuk bisa di­terima di MAN IC daerah lain. Sehingga kita tidak hanya menjadi penonton saja di sini,” lanjut M Rifki.

Sementara itu, Kepala Kemenag Padang Pariaman, Drs H Masrican men­yam­pai­kan turut bangga dan senang dengan adanya MAN IC di Sumatera Barat, khu­susnya di Padang Pariaman. Rasa bangga tersebut di­jawab dalam bentuk mem­persiapkan siswa dan guru madrasah di Padang Pa­riaman agar bisa menembus MAN IC. Sosialisasi ten­tang MAN IC dan me­kanis­me penerimaan siswa baru dan rekrutmen tenaga pen­didik dan kependidikan dilakukan dengan gencar.

“Sosialisasi dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Padang Pariaman. Guru-guru juga diberi pe­latihan agar bisa mem­per­siapkan siswanya, termasuk guru tersebut bisa mengikuti seleksi tenaga pengajar di MAN IC,” kata Masrican saat ditemui Haluan di ruang kerjanya, Selasa (29/3).

Keberadaan MAN IC Sumbar yang terletak di Nagari Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Pa­dang Pariaman, kata Mas­rican, mudah-mudahan bisa meningkatkan motivasi be­lajar siswa MTs di Sumatera Barat agar bisa masuk ke MAN IC ini. Apalagi se­kolah di MAN IC tidak di­pungut biaya, di­asrama­kan, dan mempunyai sistem be­lajar yang menyeim­bang­kan Imtak dan Iptek. (h/mg-fyt)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Mei 2016 - 06:11:40 WIB

    Perdana, Kemenag Padang Peringati Hardiknas

    PADANG, HALUAN —Me­m­peringati hari pendidikan nasional (Hardiknas), Ke­mentrian Agama (Ke­me­nag) Kota Padang bersama deng­an pihak madrasah se-Kota Padang mengadakan ber­bagai jenis perlombaaan ya­ng berl­okasi d.
  • Senin, 26 Januari 2015 - 18:48:10 WIB

    Perdana, Nasdem Buka Pendaftaran Bakal Calon Kada

    PADANG, HALUAN — Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sumatera Barat secara resmi membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah se-Sumbar mulai 28 Januari-10 Februari mendatang. Pendaftaran dibuka bagi 13 kabupaten/kota dan.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]