Nagari Kubang Lestarikan Lingkungan

Berlakukan Pernag Larangan Meracun Ikan


Kamis, 31 Maret 2016 - 15:02:29 WIB

PAINAN, HALUAN —  Pe­merin­tahan nagari Kubang Kecamatan Bayang akan memberlakukan Peraturan Nagari (Pernag)  tentang pelarangan peracunan ikan di sepanjang sungai batang Bayang dan menangkap ikan dengan  mengunakan ja­ringan listrik.

Menurut   Wali nagari Kubang Indra Suherman, Senin( 28/3),  selain itu  juga diberlakukan Pernag  ten­tang   pengunaan air bersih   sehingga kedua Pernag ter­se­but  sangat besar mam­faat­nya bagi masyarakat.

Dikatakan selanjutnya, meskipun di kenagarian Ku­bang  tidak ada ikan larang­an, namun  penang­kapan  ikan dengan mengu­na­kan racun potasium  dan jaringan listrik  sering ter­jadi. Hal ini jelas sangat membahayakan dan me­ru­gikan lingkungan  nagari. “Para tokoh masya­rakat, Bamus, LPMN dan ninik mamak  yang ada da­lam kanegarian Kubang ke­ca­ma­tan Bayang, telah  se­pa­kat agar Pernag  ini dapat di­ber­lakukan, guna mencegah kemungkinan  dampak bu­ruk terhadap lingkungan,”  katanya.    

Pernag nagari tersebut  dibuat  mengacu  kepada  Permendagri No. 26 Tahun 2006 tentang  pem­bentu­kan dan  mekanisme pen­yu­sunan Perdes( Pernag), dalam oto­nomi daerah  nagari juga memiliki ke­we­nangan  da­lam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya,

Salah seorang tokoh ma­sya­rakat Nagari Kubang Yu­s­mardi  mengakui, un­tuk ke­nya­man dan kemanan dan tertibnya pen gelolaan nagari perlu  Peraturan Nagari ( Pernag),  setiap masyarakat tentau akan dapat me­me­hami  dan me­n­­taatinya jadi tidak ada  lagi masalah ga­ngu­an dalam na­gari  bila pernag tersebut dapat difungsi­kan sebagai payung hukumnya.  (h/mjn) 

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]