Rakyat Menjerit

Ketiadaan Listrik PLN


Kamis, 31 Maret 2016 - 15:26:05 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN — Listrik sebagai salah satu kebutuhan vital warga masyarakat saat ini, ternyata tak bisa semuanya bisa menikmatinya. Sebanyak kurang lebih 20 kepala keluarga di Jorong Bungo Pinang Kenagarian Muaro Bodi Kecamatan IV Nagari, sudah tujuh tahun menempati rumah mereka namun belum menikmati penerangan listrik secara legal ke rumah warga tersebut. Pasalnya, belum ada jaringan listrik ke rumah mereka dan selama ini mereka menikmati penerangan listrik dari genset yang kapasitasnya terbatas.

Jhon Iskandar (49) Kepala Jorong Bungo Pinang mengatakan bahwa dengan tidak adanya pasokan energi listrik itu, menjadi kendala bagi warga setempat terutama bagi anak-anak mereka untuk belajar serta keperluan lainnya yang menggunakan listrik. Sehingga untuk belajar, anak-anak tersebut terpaksa menumpang di rumah keluarga lainnya atau rumah tetangga yang memiliki pasokan listrik yang berjarak 2,5 KM dari rumah mereka dengan diantarkan orang tuanya.” Dengan tidak adanya pasokan listrik saat ini ke sebagian rumah warga di Jorong Bungo Pinang ini, maka setiap malam kami sebagai orang tua harus mengantarkan anak-anak kami belajar ke rumah saudara atau tetangga yang mempunyai aliran listrik yang berjarak kurang lebih 2,5 KM dari rumah kami, sebab penerangan hanya menggunakan lampu tempel atau lilin,” ujar Kepala Jorong yang rumahnya juga tak teraliri listrik kepada wartawan, Rabu (30/3).

Kepala Jorong juga menambahkan bahwa kebutuhan listrik yang amat mendesak itu untuk anak-anak belajar malam, dimana kondisi saat ini mereka belajar hanya menggunakan lilin dan penerangan seadanya saja. Dan hal tersebut tentunya tak akan maksimal. Sementara janji pemerintah dan PLN sudah ber­u­lang kali kami dengar serta sudah sekian kali pula warga me­nan­da­tangani surat yang kata­nya untuk memasukkan aliran dan jaringan listrik, akan tetapi nyatanya sampai sekarang sebagian warga Jorong Bungo Pinang masih hidup dalam kegelapan. “ Sudah dari dulu kami dijanjikan akan dimasukkan jaringan listrik, namun saat ini tidak ada realisasi. Belum merdeka rasanya kita sebagai warga negara dan masyarakat kalau belum bisa menikmati aliran listrik Pak,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Permus­yawaratan Nagari (BPN) Muaro Bodi Iswadi Ramora mengatakan bahwa jika seandainya listrik sudah masuk di sebagian rumah warga di Jorong Bungo Pinang, tentunya hal tersebut bisa berdampaka pada perluasan pemukiman warga di Jorong tersebut serta meningkatkan perekonomian warga sekitar. “Kalau tidak ada Listrik, dengan apa warga bisa berusaha, seperti warung atupun usaha lainnya,” ujarnya. (h/ogi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]